• Manfaat Sertifikat Halal bagi Perusahaan dan Konsumen


    Manfaat Sertifikat Halal bagi Perusahaan dan Konsumen

    Jasa Halal MUI - Sertifikasi halal merupakan sertifikat yang menjadi bukti bahwa produk yang diperjualbelikan telah memenuhi syarat kehalalan yang ditetapkan oleh fatwa MUI.


    Salah satu manfaat sertifikasi halal yaitu dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Hal ini setara dengan tujuan dari LPPOM MUI yang mengedepankan kualitas produk secara jujur dan terbuka. Apakah sertifikasi halal ini hanya bermanfaat sebagai itu saja?


    Pengadaan sertifikasi halal di Indonesia tentunya sangat penting, seperti pada negara Thailand dan Jepang yang menerapkan sertifikasi halal walaupun banyak masyarakat yang beragama Islam sebagai minoritas. Maka dari itu Sukoso sebagai Kepala Pusat Studi Halal Thoyyib Universitas Brawijaya menegaskan bahwa Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk Bergama Islam seharusnya memperhatikan masalah sertifikasi halal ini.


    Manfaat Sertifikat Halal bagi Perusahaan

    Manfaat Sertifikat Halal bagi Perusahaan

    Sebagai sebuah perusahaan, sertifikat halal memiliki artian yang penting dalam proses bisnisnya. Nah, berikut beberapa manfaat sertifikat halal bagi perusahaan.


    1. Produk Akan Memiliki Unique Selling Point (USP)

    Unique Selling Point atau Unique Selling Proposition merupakan salah satu konsep pemasaran yang membedakan produk Anda dengan pesaing lainnya menurut blj.co.id. Nah, dengan mendapatkan sertifikasi halal ini, pastinya produk Anda akan memiliki USP yang tinggi.


    2. Berkesempatan Bersaing di Pasar Halal Global

    Jika Anda ingin memperluas jaringan penjualan Anda, salah satunya caranya dengan mengikuti pasar global. Anda ingin mempunyai kesempatan berjualan di pasar global? Dengan sertifikasi halal ini, Anda bisa bersaing dan mendapatkan kesempatan meraih pasar global dalam barang atau produk halal.


    3. Meningkatkan Kemampuan dalam Pemasaran di Pasar/Negara Muslim

    Cara lain memperluas pemasaran bisnis Anda yaitu dengan memperjualbelikan barang atau produk Anda kepada pasar atau negara Muslim seperti Arab Saudi, Malaysia, Brunei Darussalam, dan negara lainnya. Ditambah dengan Indonesia yang bermayoritas muslim, pastinya akan lebih dipercaya dan disegani oleh negara ataupun pasar muslim.


    4. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

    Tidak hanya bermanfaat bagi produsen saja, sertifikasi halal dari MUI atau lainnya ternyata sangat berguna untuk membangun kepercayaan kepada konsumen kita. Pastikan produk Anda telah mengikuti pembuatan sertifikasi ini sampai selesai sehingga Anda memiliki sertifikasi halal resmi dari LPPOM MUI dengan lancar.


    BACA JUGA: Siapa yang Wajib Melakukan Sertifikasi Halal pada Produknya?


    Manfaat Sertifikasi Halal bagi Konsumen

    Manfaat Sertifikasi Halal bagi Konsumen


    Lalu, apa lagi manfaat yang bisa didapatkan jika mempunyai sertifikat ini? Sebagai seorang konsumen pastinya kita harus meneliti barang atau benda apa yang akan kita beli bukan? Berikut beberapa manfaat sertifikasi halal yang bisa didapatkan oleh konsumen.


    1. Memberikan Ketenangan bagi Konsumen

    Ketika Anda membuat suatu produk baru, pastinya Anda dipertanyakan tentang kehalalan produk atau barang tersebut. Konsumen akan menjadi waswas ketika kehalalannya masih dipertanyakan jika masih belum ada logo halal yang telah disahkan oleh LPPOM MUI. Mengapa seperti itu? Meskipun mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, kebanyakan mereka yakin bahwa kehalalan adalah sebagai tanda penting bagi suatu produk aman dikonsumsi atau digunakan.


    2. Produk Terjamin dan Aman Dikonsumsi atau Dipakai

    Mengingat untuk mendapatkan sertifikat halal membutuhkan proses yang ketat, pastinya ini membuat konsumen menyakini bahwa produk atau barang kita terjamin untuk dikonsumsi atau dipakai. Tidak hanya makanan saja, kosmetik pun juga perlu disertifikasi. Ini dikarenakan penggunaan kosmetik untuk dikonsumsi atau masuk ke dalam tubuh yang mengandung bahan najis adalah haram hukumnya.  Maka dari itu Sekretariat Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh merasakan bahwa pihaknya juga perlu mengumunkan standar kehalalan terhadap kosmetik serta obat-obatan.


    Apabila Anda ingin mengurus Sertifikasi Halal produk yang sesuai dengan hukum yang berlaku maka Anda bisa berkoordinasi atau berkonsultasi langsung dengan BSU konsultan yang terpercaya mengurus Sertifikasi Halal. Disamping itu, BSU Konsultan juga menyediakan Pelatihan ISO Jakarta  untuk memberikan solusi terbaik bagi Anda. Cukup menghubungi kami untuk berkonsultasi secara gratis:

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button