• Latar Belakang, Tujuan & Manfaat Penerapan ISO 37001

    Manfaat Penerapan ISO 37001



    Manfaat Penerapan ISO 37001 untuk perusahaan atau organisasi untuk mencegah tindakan penyuapan dan korupsi akan kita bahas pada artikel kali ini.

    Agar dapat mencegah dan mengurangi resiko penyuapan dan korupsi maka perusahaan atau suatu organisasi harus Memahami 6 Prinsip SNI ISO 37001 pada sistem manajemennya.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas latar belakang, tujuan serta manfaat penerapan ISO 37001 pada perusahaan.

    Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk menjaga integritas dalam proses mencapai keberhasilan bisnis yang dijalankan.

    Pengertian ISO 37001


    Pengertian ISO 37001


    ISO 37001 merupakan sistem manajemen berstandar internasional yang memiliki tujuan untuk mencegah dan mengurangi resiko yang terjadi akibat praktik suap dan korupsi dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

    Adanya standar ISO 37001 dapat menjadi panduan atau pegangan perusahaan untuk menangani suap dan korupsi yang terjadi di dalam perusahaan.

    Selain itu, dengan standar ISO 37001 yang diterapkan pada perusahaan juga dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan kebijakan atau aturan-aturan baru yang efektif dalam menangani kasus tersebut.

    Dalam prosesnya, Tahapan Implementasi Dalam Penerapan ISO 37001:2016 diberlakukan, maka perusahaan harus melakukan evaluasi terhadap resiko penyuapan dan korupsi yang dapat terjadi di dalam perusahaan.

    Setelah itu barulah perusahaan dapat membuat prosedur yang tepat untuk mencegah serta membuat kebijakan tentang bagaimana cara untuk menangani tindakan-tindakan curang tersebut.

    Latar Belakang Penerapan ISO 37001


    Latar Belakang Penerapan ISO 37001


    Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, kegiatan penyuapan atau korupsi ini seringkali kita dengar.

    Hal tersebut terjadi karena memang korupsi atau kegiatan suap menyuap seringkali dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab dalam perusahaan.

    Bahkan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam berita misalnya, kegiatan korupsi atau suap menyuap ini juga seringkali digaungkan.

    Tidak peduli itu perusahaan publik atau swasta, jika di dalamnya terdapat oknum-oknum tidak bertanggung jawab dan tidak adanya kebijakan dalam perusahaan yang mengatur atau mencegah kegiatan korupsi tersebut, maka bisa dipastikan oknum tersebut akan ‘bermain’ dan mengambil kesempatan yang ada.

    Jika sudah begitu, tentu saja perusahaan yang akan dirugikan. Agar keberlangsungan bisnis Anda dapat berjalan dengan baik dan bertahan untuk waktu yang lama, maka sebaiknya Anda menerapkan ISO 37001 pada sistem manajemen perusahaan.

    Hal ini agar perusahaan mendapatkan manfaat penerapan ISO 37001 yang baik untuk mencegah dan mengatur kegiatan yang merugikan tersebut.

    Tujuan Penerapan ISO 37001


    Tujuan Penerapan ISO 37001


    Bukan tanpa tujuan ISO 37001 diterapkan, sebaliknya ada tujuan besar dari penerapan ISO 37001 terhadap perusahaan Anda.

    Secara garis besar, tujuan dari penerapan ISO 37001 adalah untuk membantu perusahaan agar dapat mencegah dan mengurangi risiko korupsi atau penyuapan yang dilakukan oknum tertentu di dalam perusahaan.

    Selain itu, penerapan ISO 37001 pada perusahaan juga bertujuan untuk meningkatkan reputasi perusahaan terhadap rekan bisnis dan konsumen.

    Dengan Training ISO 37001:2016 perusahaan dapat mengurangi risiko kehilangan uang dan sanksi hukum yang sewaktu-waktu bisa merugikan perusahaan.

    Jadi kesimpulannya, penerapan ISO 37001 ini merupakan tindakan yang sangat penting bagi perusahaan.

    Tujuannya adalah untuk mencegah perusahaan mengalami kerugian serta paham akan cara apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

    Manfaat Penerapan ISO 37001


    Manfaat Penerapan ISO 37001


    Setelah mengetahui pengertian, latar belakang serta tujuan dari ISO 37001, kini kita akan bahas lebih lanjut lagi tentang manfaat penerapan ISO 37001.

    Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini adalah manfaat-manfaat penerapan ISO 37001 bagi perusahaan Anda :


    1. Sebagai Pencegahan Resiko Penyuapan dan Korupsi


    Manfaat pertama dari ISO 37001 adalah dapat membantu perusahaan untuk mencegah dan mengurangi risiko penyuapan dan korupsi pada aktivitas bisnis yang dijalankan.

    2. Memperkuat Sistem Manajemen Perusahaan


    Tidak bisa dipungkiri bahwa Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 di perusahaan tidak ada yang sempurna. Karena itulah sistem manajemen perusahaan harus selalu diperbahrui dan ditambah guna menjadikan bisnis perusahaan lebih baik lagi ke depannya.

    Dengan menerapkan SMAP ISO 37001, maka sistem manajemen perusahaan dapat diperbahrui dan bisa lebih baik dari yang sebelumnya.

    3. Sarana Pemantauan Jaringan Rantai Pasokan


    Menerapkan ISO 37001 juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pemantauan untuk perusahaan yang memiliki proses jaringan rantai pasokan.

    Pemantauan jaringan rantai pasokan perlu dilakukan agar tidak ada oknum yang bermain dan mengambil keuntungan dari celah yang tidak terlihat.

    4. Sebagai Bentuk Komitmen Kesungguhan


    Mengklaim perusahaan Anda adalah perusahaan yang bersih, jujur dan tidak melakukan tindakan penyuapan dan korupsi bisa menjadi omong kosong.

    Untuk membuktikan bahwa hal tersebut benar, maka Anda wajib menerapkan ISO 37001 sebagai bentuk komitmennya.

    Dengan perusahaan Anda menerapkan dan mendapatkan sertifikasi ISO 37001 maka perusahaan membuktikan bahwa dirinya memiliki komitmen dan kesungguhan atas pencegahan penyuapan dan korupsi yang dijalankan perusahaan.

    5. Sebagai Bentuk Pencegahan Kerugian yang Lebih Besar


    Korupsi dan tindakan suap menyuap bisa menimbulkan kerugian terhadap perusahaan. Tanpa adanya upaya pencegahan yang dibuat, maka perusahaan bisa mendapatkan kerugian baik secara materil dan moril.

    Jika tidak diatur, diawasi dan diberikan tindakan pecegahan, maka kerugian kecil yang terus terulang bisa saja menjadi kerugian yang lebih besar terhadap perusahaan Anda.

    Karena itulah, kami menyarankan Anda untuk menerapkan ISO 37001 agar terhindar dari potensi kerugian yang lebih besar di kemudian hari.

    6. Menjadi Branding yang Kuat


    Manfaat penerapan ISO 37001 lainnya yang bisa perusahaan Anda dapatkan adalah meningkatnya citra perusahaan serta meningginya kepercayaan dari berbagai pihak hingga akhirnya dapat menjadikan perusahaan bernilai tinggi.

    Hal ini sangat baik agar branding perusahaan terbentuk ke arah yang lebih positif.

    Agar manfaat penerapan ISO 37001 ini dapat dirasakan oleh perusahaan Anda dengan baik, maka kami menyarankan untuk menggunakan jasa konsultan ISO 37001 kami.

    Kenapa Harus Menggunakan Jasa Konsultan ISO 37001 milik PT Bintang Solusi Utama


    Kenapa Harus Menggunakan Jasa Konsultan ISO 37001

    Ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui kenapa harus menggunakan jasa konsultan ISO 37001. 

    Berikut ini adalah beberapa alasan tersebut :

    1. Telah dipercaya oleh banyak perusahaan dari berbagai kota.
    2. Klien yang dibantu beberapa diantaranya sampai mendapatkan rekor MURI
    3. Memiliki tujuan untuk membuat semua klien yang bermitra dengan BSU Konsultan menjadi lebih bersinar dan cerah di masa depan.

    Jadi jika saat ini Anda membutuhkan bantuan konsultan ISO 37001, maka jangan sungkan untuk menghubungi kami agar mendapatkan bantuan yang cepat dan tepat ya.

    Cara Pesan Jasa Konsultan ISO 37001


    Cara Pesan Jasa Konsultan ISO 37001



    Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa penerapan ISO 37001 memberikan banyak manfaat bagi organisasi atau perusahaan dalam mencegah dan menangani penyuapan.

    Bahkan tidak hanya itu saja, pada pembahasan kali ini juga kita telah mengetahui manfaat penerapan ISO 37001 sangat banyak sekali untuk perusahaan.

    Misalnya seperti untuk meningkatkan reputasi perusahaan, mengurangi resiko hukum, meningkatkan daya saing bisnis, serta bisa juga sebagai pendukung persyaratan bisnis.

    Jadi jangan tunda lebih lama lagi, jika saat ini perusahaan Anda belum menerapkan ISO 37001, sebaiknya terapkan sekarang juga dengan bantuan konsultan kami. 

    Untuk melakukan pemesanan bisa dilakukan dengan cara menghubungi whatsapp CS BSU Konsultan. Klik tombol Whatsapp di bawah agar terhubung langsung dengan CS kami




    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button