• Konsultan ISO 9001 Terbaik untuk Sistem Manajemen Mutu


    Konsultan ISO 9001 PT Bintang Solusi Utama profesional dalam hal konsultasi dan sertifikasi ISO 9001. ISO 9001: 2015 merupakan sesuatu standar internasional buat sistem manajemen mutu / kualitas.

    Persayaratan-persayaratan yang sudah melaui penetapan SO 9001: 2015 ini untuk desain serta evaluasi dari sesuatu sistem manajemen mutu.

    Dalam menerapkan sistem manajemen mutu berstandar internasional merupakan hal penting bagi perusahaan ataupun organisasi, baik itu yang bergerak dalam bidang bisnis ataupun usaha hingga lembaga-lembagapemerintahan serta layanan masyarakat.


    Lalu, apa perbedaan ISO 9001:2015 dengan ISO 9001:2008?


    ISO 9001:2008

    1. Company Manual (Level 1)
    2. Organization Structure
    3. Quality Procedure
    4. Quality Objectives
    5. Mandatory Procedures

    ISO 9001:2015

    1. Company Profile
    2. Organization Manual, termasuk Organization Structure Chart, Policy & Objectives,
    3. Business Process Mapping (include Core Process)
    4. Context of organization (List of internal & external issues, Needs & Expectation of Interested Parties
    5. List of procedures and documented information
    6. Summaries of management review
    7. Summaries of internal audit

    Perbandingan yang terletak antara ISO 9001:2008 dengan ISO 9001:2015 ialah, perusahaan harus membuat Document Information tentang Context of Organization yaitu, external dan internal issues, Needs and Expectaions of Interseted parties.

    Bahkan, ISO 9001:2015 masih menggunakan manual mutu sebagai Documented Infromation yangmenjelaskan tentang Ruang Lingkup Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

    7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015


    1. Customer Focus (Fokus Pada Pelanggan)

    Fokus utama dari manajemen mutu adalah untuk memenuhi dan memberi lebih dari sekedar kebutuhan pelanggan. 

    Sistem manajemen mutu juga memberikan dan memenuhi lebih dari sekedar kebutuhan pelanggan Dengan memfokuskan ISO 9001 : 2015 itu akan memberikan dampak besar bagi para pelaku usaha untuk keberhasilan panjang. 

    Hal ini sangat penting bukan hanya untuk membuat konsumen tertarik tetapi juga untuk mempertahankan kepercayaan konsumen sehingga perusahaan ataupun organisasi mampu beradaptasi dengan kebutuhan konsumen konsumen untuk masa yang akan datang.

    Salah satu hal terpenting adalah untuk mendapatkan mendapatkan itu adalah dengan cara menerima keluhan ataupun masukan dari pelanggan dan secara aktif. 

    Dan juga melakukan evaluasi demi terciptanya kepuasan konsumen.

    Dengan adanya ISO 9001: 2015, perusahaan ataupun organisasi dituntut untuk aktif ketika mendapat masukan ataupun keluhan dari konsumen, dengan cara yang positif dan proaktif menetapkan apa yang terbaik untuk kepuasan konsumen.

    Perusahaan ataupun organisasi harus berada lebih maju. Maka, konsumen dalam hal yang berkaitan dengan pelayanan sebelum berkomunikasi, selama berkomunikasi, dan sesudah berkomunikasi dengan konsumen.

    2. Leadership (Kepemimpinan)

    Arahan dan misi dari manajemen atas harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan powerful, karena sangat penting dalam memastikan keseluruhan bagian perususahaan atau organisasi memahami baik tentang tujuan maupun kehendak yang akan di capai suatu perusahaan atau organisasi. 

    Ini juga merupakan program dari ISO 9001.

    Tidak bisa dipungkiri salah satu aspek terbanyak keberhasilan dalam perusahaan ataupun organisasi dalam memperbaiki serta meningkatkan sistem merupakan kesuksesan pemimpinnya yang sanggup menerjemahkan serta mensosialisasikan visinya ke segala bagian perusahaan ataupun organisasi.

    3. Engagement Of People (Keterlibatan Orang-Orang)


    Untuk mendapatkan sebuah nilai untuk konsumen akan terlihat mudah jika perusahaan atau organisasi didukung oleh tim yang kompeten, mudah diberdayakan, dan mau ikut serta secara penuh di seluruh level bagian. 

    Tidak melihat jabatan, yang terpenting memiliki rasa tanggung jawab yang setara dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi serta memberikan nilai lebih untuk konsumen.

    4. Process Approach (Pendekatan Proses)

    Setiap perusahaan atau organisasi perlu menyadari bahwa mereka merupakan bagian dari satu kesatuan alur yang saling terhubung. 

    Sehingga setiap bagian harus saling memahami tugas setiap bagiannya, serta bagian yang berkaitan dengannya dapat bersinergi secara bersamaan. 

    Perusahaan atau organisasi harus memberikan kepastian kepada setiap orang yang telah memahami dengan seluruh aktivitas organisasi.

    5. Improvement (Pengembangan Sistem)

    Pada digital yang sangat bergerak cepat, setiap perusahaan atau organisasi melakukan perbaikan dan pengembangan pada segala aspek yang ada pada perusahaan atau organisasi. 

    Apabila berkembang lambat dari para pesaing, produk yang tidak inovatif, serta tidak mengikuti perkembangan di era digital dapat menurunkan tingkat kepuasan konsumen.

    Oleh karena itu, setiap perusahaan atau organisasi secara aktif dan positif memberikan respon setiap ada perubahan. 

    Perubahan itu baik internal maupun ekternal yang dapat mempengaruhi nilai produk ataupun pelayanan pada mata konsumen. Salah satunya juga melibatkan ISO 9001

    6. Evidence-Based Descision Making (Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti)

    Memberikan tanggapan atau respon terhadap suatu permasalahan dalam perusahaan atau organisasi jangan pernah dianggap mudah. 

    Penting untuk memerikan seluruh bukti yang kuat sebelum memberikan keputusan supaya tepat. 

    Pendekatan 5W + 1H dapat digunakan demi memperoleh pokok permasalahan sehingga keputusannya bisa dipertanggungjawabkan.

    7. Relationship Management (Manajemen Hubungan Dengan Berbagai Pihak)

    Dunia bisnis pada era digital, sangat menuntut setap perusahaan dan organisasi untuk berhubungan secara aktif dengan berbagai pihak. 

    Oleh karena itu, kemudahan untuk mengakses informasi, memudahkan organisasi untuk menelusuri pihak-pihak terkait, khususnya pihak ketiga (supplier, subkontraktor, distributor).

    Perusahaan atau organisasi dapat dengan mudah mencari partner baru, mencari kinerja melalui website, bahkan dapat mengunduh katalog produk tanpa memintanya langsung. 

    Itu bisa dengan mudah kalian miliki dengan memilih KOnsultan ISO 9001.

    Lalu, bagaimana cara kita mendapatkan konsultan untuk ISO 9001 yang berkualitas?


    BSU Konsultan 

    BSU Konsultan adalah konsultan ISO 9001 dengan perspektif baru, menciptakan sistem manajemen yang mempertemukan antara kebutuhan dengan persyaratan yang relevan dengan standar internasional akan menjadi pengalaman berharga, dan bahwa dengan proses Sertifikasi berakreditasi internasional merupakan suatu nilai tambah bagi organisasi yang bermanfaat secara strategis dalam mencapai tujuan. 

    Selain itu, kami juga berpengalaman dan juga tenaga ahli yang profesional dan bidangnya. 

    Kami dapat membantu Anda dan juga perusahaan atau organisasi untuk mencapai sertifikat ISO dan K3. Dan secara maksimal yang sudah mendapat pengakuan nasional dan internasional.

    Manajemen resiko termasuk hal baru yang dapat tambahkan ke dalam standard versi ini. 

    Dan itu memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi segala kemungkinan yang dapat mempengaruhi mutu manajemen. 

    Itu terutama dalam operasional perusahaan dengan berbasis proses bisnis dan model PDCA yang sesuai.

    Konsultan ISO 9001 akan mendukung manajemen yang efektif dari bisnis Anda dan membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan. 

    Sangat cocok untuk setiap organisasi mau meningkatkan kepuasan konsumen dan juga motivasi untuk para staf dan membangun kebiasaan untuk perbaikan secara terus-menerus.

    Oleh karena itu, jumlah nya akan terus bertambah sesuai keinginan perusahaan, dan tuntutan dari para konsumen . Saat mengecek , banyak dari perusahaan-perusahaan tersebut telah memperoleh manfaat dari ISO 9001.
    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button