• Penilaian Resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001


    Penilaian Resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001

    Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 untuk perusahaan perlu Anda ketahui dan terapkan guna melakukan penilaian resiko korupsi dan penyuapan di perusahaan Anda.

    Korupsi dan penyuapan adalah masalah yang biasanya hampir ada di setiap perusahaan baik di tanah air atau pun dunia. Tidak heran kasus korupsi dan penyuapan menjadi isu yang menarik perhatian dunia.

    Selain merugikan perusahaan, korupsi dan penyuapan juga berdampak pada banyak hal termasuk pada masing-masing individu dan lingkungan sekitarnya.

    Bila tidak dilakukan upaya pencegahan maka hanya masalah waktu saja sampai perusahaan Anda bisa terkena dampaknya sewaktu-waktu.

    Karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penilaian resiko sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001.

    Pembahasan kali ini penting agar Anda lebih paham tentang sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001 dalam sebuah organisasi.

    Penilaian Resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001


    Penilaian Resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001

    Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) atau bisa disebut juga dengan ISO 37001 adalah sistem manajemen berstandar internasional yang mana telah diterapkan oleh berbagai perusahaan seluruh dunia.

    Sistem manajemen ISO 37001 dikhususkan untuk mengatasi atau mencegah tindakan korupsi dan suap menyuap dalam suatu perusahaan. 

    Meskipun tidak bisa menghilangkan 100% namun adanya standar ISO 37001 cukup bagus untuk memperkuat sistem manajemen perusahaan agar mampu mengatasi korupsi dan suap menyuap.

    Perlu Anda pahami, agar sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001 mampu berjalan cukup efektif saat diterapkan dalam perusahaan Anda, maka perusahaan wajib melakukan penilaian resiko.

    Penilaian resiko inilah yang akan menjadi salah satu kunci keberhasilan penerapan ISO 37001 dalam perusahaan Anda.

    Akan ada proses identifikasi dan evaluasi terhadap sistem manajemen yang ada kemudian pembahruan pun akan ditambahkan guna memperkuat sistem manajemen yang masih memiliki celah terhadap kegiatan korupsi dan suap menyuap.

    Cara Melakukan Penilaian Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001


    Ada baiknya perusahaan melakukan penilaian resiko terhadap perusahaannya agar tidak terkena berbagai dampak buruk imbas kegiatan korupsi dan suap menyuap yang terjadi.

    Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penilaian sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001 :


    1. Identifikasi Resiko

    Hal pertama yang harus Anda lakukan pertama kali adalah dengan cara mengidentifikasi kelemahan atau potensi ancaman.

    Caranya adalah dengan cara menganalisa proses bisnis yang ada kemudian mencari kelemahan di dalamnya yang berpotensi untuk tindakan korupsi dan suap menyuap.


    2. Evaluasi Resiko

    Setelah terdeintifikasi, perusahaan harus menilai dan mengevaluasi reskio tersebut. Ukurlah apa dampak yang terjadi dari resiko yang ditemukan tersebut.

    Sadari kelemahan perusahaan Anda kemudian usahakan untuk memperbaiki kelemahan tersebut. 

    Tentukan mana potensi yang paling berbahaya dan berdampak, kemudian urutkan dari yang paling berbahaya hingga yang paling memiliki resiko minim.


    3. Merancang Pengendalian

    Setelah proses identifikasi dan Evaluasi, berikutnya yang harus perusahaan lakukan adalah merancang sistem pengendalian untuk mengontrol resiko tersebut.

    Buatlah kebijakan atau prosedur apa yang harus dilakukan saat menghadapi resiko tersebut. Usahakan kebijakan dan prosedur yang dibuat mampu mengatasi resiko yang ada.

    Bila Anda kesulitan untuk merancangnya, kami memiliki jasa konsultan iso 37001 yang siap membantu Anda kapanpun Anda butuhkan. 

    Kami dapat membantu Anda untuk mengimplementasikan standar ISO 37001 hingga membuat perusahaan Anda memperoleh sertifikasi ISO nya.

    Jika ingin menggunakan bantuan jasa konsultan kami bisa Anda lakukan dengan cara klik tombol Whatsapp yang ada di halaman ini.


    4. Implementasi Pengendalian

    Setelah perancangan pengendalian telah dilakukan, perusahaan Anda harus melakukan Tahapan Implementasi Dalam Penerapan ISO 37001:2016

    Pastikan sumber daya manusia yang ada di perusahaan Anda mengetahui peraturan tersebut dan menjalankannya dalam proses bisnis yang berlaku.


    5. Pemantauan

    Terakhir, Anda dapat memantau sistem manajemen pengendalian yang telah Anda buat sebelumnya. 

    Bilamana setelah diimplementasikan ternyata kurang efektif dan masih terdapat beberapa kelemahan, maka perusahaan harus segera malakukan perubahan.

    Teruslah melakukan pemantauan dan evaluasi guna menerapkan sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001 yang efektif untuk perusahaan Anda.

    Dengan melakukan penilaian resiko sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001, perusahaan dapat mengurangi risiko penyuapan di dalam perusahaan dan memastikan keefektifan sistem manajemen anti penyuapan yang diterapkan.

    Kenapa Harus Melakukan Penilaian Resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001


    Kenapa Harus Melakukan Penilaian Resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001


    Melakukan penilaian resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan terhindar dari tindakan penyuapan yang dapat merugikan perusahaan itu sendiri dan masyarakat luas.

    Dengan melakukan penilaian resiko, perusahaan dapat mengidentifikasi potensi ancaman dan kelemahan dalam sistem manajemen anti penyuapan dan mengambil tindakan untuk mengurangi risiko tersebut.

    Selain itu, melakukan penilaian resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 juga dapat membantu perusahaan memenuhi persyaratan ISO 37001.

    Bila disimpulkan, penilaian resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 sangat penting untuk memastikan keamanan dan keberhasilan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

    Keuntungan Melakukan Penilaian Resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001


    Keuntungan Melakukan Penilaian Resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001


    Ada beberapa keuntungan yang didapat oleh perusahaan jika melakukan penilaian resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001. 

    Berikut ini adalah beberapa keuntungan bagi perusahaan bila melakukan penilaian resiko sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001 :


    1. Mengurangi risiko penyuapan
    2. Memperkuat sistem manajemen
    3. Memenuhi persyaratan sertifikasi ISO 37001
    4. Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan rekan bisnis
    5. Meningkatkan citra perusahaan.

    Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 sangat penting untuk diterapkan pada sistem manajemen perusahaan. 

    Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mencegah berbagai macam tindakan penyuapan yang dapat merugikan perusahaan.

    Salah satu cara yang bisa digunakan dari sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001 adalah dengan cara melakukan penilaian resiko untuk mengidentifikasi kelemahan yang ada di dalam perusahaan saat ini.

    Sehingga nantinya perusahaan dapat merancang dan mengambil tindakan apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut.

    Oleh karena itu kami menyarankan perusahaan sebaiknya melakukan penilaian resiko secara teratur untuk memastikan keamanan dan keberhasilan perusahaan dalam menjalankan bisnis.

    Agar lebih mudah mengaplikasikan SMAP ISO 37001 ataupun untuk melakukan penilaian resiko bisnis Anda bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan jasa konsultan iso 37001 milik kami.

    Pesan Jasa Konsultan ISO 37001 Sekarang


    Pesan Jasa Konsultan ISO 37001


    Demikianlah informasi yang bisa kami berikan pada kesempatan kali ini mengenai penilaian resiko Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001

    Semoga dengan adanya informasi ini, banyak perusahaan yang terbantu dan lebih sadar akan betapa pentingnya menerapkan sistem manajemen anti penyuapan untuk perusahaanya.

    Jika perusahaan Anda membutuhkan penerapan ISO 37001, serahkan saja pada PT Bintang Solusi Utama (BSU Konsultan).

    Pengalaman kami dalam membantu banyak perusahaan mendapatkan sertifikasi ISO membuat kami tahu betul langkah-langkah apa saja yang sebaiknya harus dilakukan, termasuk dalam menerapkan sistem manajemen anti penyuapan di perusahaan Anda.

    Untuk memesan jasa konsultan ISO 37001 kami bisa dilakukan dengan cara menghubungi langsung CS BSU Konsultan dengan klik langsung tombol Whatsapp di bawah ini :




    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button