• Crab Mentality, Perilaku yang Dapat Menghambat Kesuksesan


    Pelatihan ISO Jakarta - Pernahkah kita berteman dengan orang yag selalau memberikan komentar negatif terhadap kesuksesan orang sekitar? Atau bia jadi kawan atau sahabat yang menjadi korban komentar negatif ?atau justru kita yang kerap bersikap seperti itu? Sifat dan prilaku ini lah yang disebut dengan Crab mentality, sikap Crab mentality inilah yang sering dinalogikan dengan sifat kepiting asli. Pernah kan kamu melihat kepiting yang akan keluar dari ember, kepiting lainnya akan menghalau . mencapit dan menarik kepiting lainnya agar kembali masuk ke dalam ember.


    Perilaku inilah yang dikatakan solidaritaas, karena tidak ingin kawan atau sahabatnya menjadi santapan. Akan tetapi pada manuasia sifat ini disebut dengan sikap egois dan iri terhadap kesuksesan orang lain. Perilaku ini juga dimaknai sebagai sifat seseorang untuk manarik temannya agar tidak sukses. Secara sederhana, crab mentality atau mentalitas kepiting dapat didefinisikan sebagai perilaku seseorang yang ingin menjatuhkan dan menghalangi orang lain dalam meraih kesuksesan. Crab mentality adalah sikap ingin menjatuhkan, meremehkan hingga memanipulasi orang lain. 


    Dalam kehidupan sehari hari perilaku crab mentality dapat dilihat di antaranya:

    • Selalu berpikiran bahwa keberhasilan orang lain selalu berkaitan dengan faktor keberuntungan dan hak istimewa (privilege), bukan dari hasil usaha orang tersebut
    • Memiliki pemikiran “jika saya tidak dapat mendapatkannya, begitu pula dengan Anda
    • Kerap menanggapi keberhasilan orang lain dengan komentar yang bersifat meremehkan dan menjatuhkan
    • Kerap merasa iri dan kesal ketika orang lain berhasil mendapatkan apa yang diinginkannya


    Keadaan ini tentunya akan membuat kita  sulit untuk merasa tulus dan menghargai pencapaian teman atau orang lain. Perilaku mempunyai perasaan iri dan mencoba membuat orang merasa berada ditingkat paling rendah atau setara dengan dirinya inilah yang disebut  crab mentality.


    BACA JUGA: Tujuan dan fungsi Sumber Daya Manusia


    Faktor munculnya crab mentality:

    1.      Rasa percaya diri yang rendah

    Memiliki kepercayaan yang rendah dikarenaka melihat orang lain sukses.  Dan tidak mau ikut dalam kesuksesan oraang lain, atau tidak ada rasa ingin maju pada diri sendiri. Menghasut dan mengintimidasi  orang lain agar tidak bertindak menuju kesuksesan. Jika seseorang atau kawan menjadi korban, perlu hati-hati jangan sampai memiliki kepercayaan diri yang rendah sehingga terhasut dengan carb mentality. Pastikan meningkatkan  kemampuan dan pengetahuan agar terhindar dari orang-orang yang mempunyai mentalitas kepiting

     

    2.      Rasa iri yang tinggi dan tidak mempunyai jiwa kompetitip

    Memiliki  jiwa kompetitif  dan ambisius memang baik, Namun jangan sampai berlebihan. Perasaan terancam akan adanya seseorang yang akan menuju kesusksesan. Kemudian, mereka akan mengejek segala kemajuan yang ada. Orang tersebut hanya menginginkan dirinya saja yang mengalami kemajuan, tidak dengan orang lain. Mencegah orang lain untuk merubah diri untuk menjadi lebih baik adalah sikap negatif yang seringkali muncul pada sifat Crab Mentality.


    3.      Ketergantungan manusia dalam hidup berkelompok

    Mencapai  tujuan yang sama dan saling memberikan dukungan satu dengan yan lainnya adalah sifat mausia yang tergbung dalam satu kelompok , tak jarang menimbulkan persaingan dalam segala hal. Beberapa orang kerap merasa tak boleh ada anggota yang mengalami perubahan, baik dari segi kesuksesan  dan ekonomi. Tindakan ini cenderung memunculkan rasa iri   ke orang yang sedang berusaha mencapai kesuksesan, sehingga akan membuat orang tersebut tidak akan  melanjutkan usaha mereka. Inilah yang akan membuatnya jauh dari kesuksesan. Kalimat kritikan dan ejekan  dari orang tersebut hanya ingin membuat seeorang  terus berada di tingkat yang sama seperti dirinya. Tak hanya itu, ketika ada perubahan yang baik dalam diri orang lain, ia merasa iri hati. Sehingga, memunculkan tindakan yang negatif untuk mencegah terjadinya perubahan tersebut.


    Nah, itu tadi penjelasan bagaimana Crab Mentality sebagai perilaku yang dapat menghambat kesuksesan Perusahaan Anda. Untuk pelatihan, training ataupun konsultasi terkait ISO, BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. 

     


     

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button