• FOBO adalah ciri Ketika Sulit Mengambil Keputusan dan Komitmen

     


    Training ISO JakartaFOMO atau Fear of Missing Kawan pasti sudah tak asing dengan istilah FOMO ternyata selain FOMO, juga terdapat istilah mirip dan dicetuskan oleh orang yang  Fear of Better Options atau FOBO. Ada beberapa orang yang mungkin kesulitan dalam berkomitmen atau mengambil keputusan dalam satu permasalahan.

     

    Mungkin terlalu banyak pilihan yang membuat seseorang menjadi khawatir tidak dapat memilih  opsi terbaik diantara banyak piihan. Bila merasa hal yang demikian berarti anada sedang mengalami FOBO( Fear Better Option). Jika ketakuatan ini dibiarkan akan menggangu produktifitas  dan capabilitas FOBO dapat diartikan  sebagai fenomena sosial di mana hadirnya , kekhawatiran dan keraguan pada saat mengambil sebuah keputusan. Baik peutusan yang sangat penting maupun dalam hal yang sederhana.

     

    Berikut ini beberapa tanda-tanda Kawan mengalami FOB

    1.       Merasa kalah bersaing

    Merasa  kalah bersaing ketika ada seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir dan mengelolah manajemen menjadi lebih baik. Merasa tidak mempunyai kemampuan, menganggap tidak bisa bersaing dengan teman satu kantor, padaal pada dirinya ada kemampuan tersebut.

    2.       Takut menyesal

    Seseorang merasa khawatir dengan akhir dari pilihan tersebut dan membuatnya  akan merasa bersalah. Padahal, konsekuensi yang dipikirkan tersebut belum tentu akan terjadi. Inilah yang akan membuat seseorang kesusahan dan mengganggu produktivitas dalam bekerja. Bila ada rasa ketakutan,kecemasan  yang berlebihan dan penyesalan yang kemungkinan hadir pada saat mengambil keputusan. Ketika seseorang mendapatkan berbagai pilihan, dan tidak mampu memutuskannya. Memikirkan dan pemetaan masalah adalah hal yang penting dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini seeorang harus berani mrngambil sikap dan memutuskan sesuatu.

    3.       Relasi yang buruk

    Relasi atau kawan,juga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan. Cenderung menampilkan ekspresi yang buruk atau tindakan yang negatif ketika menjalin pertemanan. Bahkan, ada bebrapa orang merasa cemas bila berhubungan dengan ornag lain atau berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitar. Pemilihan kerabat atau relasi yang saling mendukung , menberikan motivasi dan aarahan yang lebih baik menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan dalam membangun realasi. Relasi yang baik akan menjaga kelangsungan bisnis.


    BACA JUGA: Crab Mentality, Perilaku yang Dapat Menghambat Kesuksesan   


    Ada bebrapa hal yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan diantaranya adalah

    1.      Keputusan yang diambil dan benar- benar ingin melakukannya

    2.      Kawan memiliki sumber daya untuk melakukan hal tersebut.

    3.      Kawan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan ini

    4.      Kawan memiliki kemampuan untuk ini.

    5.      Keputusan yang diambil karena Kawan benar-benar ingin melakukannya.

    6.      Kawan merasa mampu melakukan keputusan tersebut.

    7.      Kawan tidak mengambil keputusan karena mengikuti orang lain.

     

    Cara Mengatasi FOBO:

     

    Menghindari Penggunaan  media sosial yang berlebih

     

    Perkembangan tehnologi dari internet menjadikan wadah pembanding dalam pengambilan keputusan. Banyaknya media sosial yang memberikan informasi yang berbeda membuat seseorang akan ragu akan pilihannya. Pastikan menggunakan internet dan menggali informasi secara bijak, jadikan informasi yang ada jadikan bahan pembanding. Berhenti mngikuti akun –akun membuat seseorang dalam kecemasan., bisa juga membatasi waktu dalam menggunakan media sosial.

     

    Gunakan kerangka berpikir terstruktur

    Ketika seseorang  tidak  mampu memutuskan untuk melakukan hal yang menjadi pilihan. Mencoba  untuk menganalisis pilihan tersebut. Pertama, menentukan terlebih dahulu   masalah yang ada, dan apa yang menjadi prioritas masa sekarang ini . Setelah itu barulah mengidentifikasi pilihan yang ada, dan analisislah kelebihan-kekurangan dari pilihan tersebut. Setelah itu, barulah putuskan dan rencanakan tindakan. keputusan akan lebih baik, karena awalnya telah mengidentifikasi pilihan yang ada.


    Nah, itu tadi penjelasan bagaimana FOBO sebagai ciri ketika sulit mengambil keputusan dan komitmen. Untuk pelatihan, training ataupun konsultasi terkait ISO, BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. 

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button