• Penerapan Manajemen Bisnis Yang Baik Untuk Peluang Bisnis Berkembang Pesat


    Pelatihan ISO Jakarta - Manajemen adalah seni atau proses dalam mengorganisasi dan merencanakan serta mengendalikan kegiatan apapun termasuk usaha, dengan tujuan untuk mencapai tujuan bersama secara efesien dan efektif dengan cara memanfatkan sumber daya yang ada.


    Sementara itu untuk manajemen bisnis merupakan proses pengendalian  dan perencanaan kegiatan usaha yang dilakukan dengan cara memanfaatkan segala sumber daya yang ada baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam, dan memaksimalkan serta mengoptimalkan  hasil yang didapat.

     

    Secara singkatnya  manajemen bisnis adalah kegiatan pengaturan di berbagai sektor yang dimiliki perusahaan secara efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil maksimal.

     

    Dari beberapa pengertian manajemen da tiga Ada tiga karateristik  utama dalam menentukan sebuah proses  yaitu

    1. Memfokuskan pada tujuan organisasi. Manajemen akan menggunakan setiap fungsi dalam mencapai tujuan tersebut.
    2. Manjemen harus saling melengkapi satu dengan yang lainnya.,sebagai proses berkelanjutan.
    3. Melibatkan sumber daya perusahaan. Manajemen hrus di dukung oleh orang orang yang handal , kreati dan mempunyai tujuan yang sama.

                                                  

    Manajemen yang diperlukan untuk bisnis

     

    Sumber Daya Manusia

     

    Dalam perusahaan  pasti ada banyak orang yang akan bekerja dan terlibat secara langsung ataupun tidak langsung di dalamnya. Jika tidak ada ssistem yamg mengatur maka akan timbul kekacauan. Misalnya para pekerja  tidak datang tepat waktu hingga tidak mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan job description yang diberikan. Itulah kenapa ada pekerjaan manajer hingga orang di bagian Human Reseources Departement. Adanya pengaturan pekerjaan akan memudahkan pendegelegasian serta tanggungjawab masing masing manajemen.

     

    Manajemen Keuangan

     

    Manajemen keuangan adalah pengaturan keuangan yang dilakukan untuk menyeimbangkan arus masuk dan keluarnya uang. Segala hal terkait dengan keuangan termasuk,pembelian, utang, dan piutang  dan penjualan harus dicatat dengan baik dan benar guna  untuk memudahkan pemeriksaan dan pembuatan laporan keuangan.

     

    Manajemen Pemasaran

     

    Pemasaran juga harus diatur dengan baik. Kalau sampai orang yang bekerja di pemasaran ini tidak mampu melakukan pekerjaannya, produk akan sulit laku dengan cepat. manajemen pemasaran sangat penting untuk menentukan  strategi pemasaran agar produk diterima dan menarik perhatian calon konsumen/pembeli di pasar.

     

    Manajemen Operasional

    Manajemen operasional berhubungan langsung dengan kegiatan sehari-hari dan produksi. Seperti operasional untuk pembuatan produk  mulai dari bahan baku sampai ke mesin dan listrik. Selanjutnya untuk belanja perusahaan seperti kertas hingga ke pantry. Semua harus diatur dengan baik agar kegiatan di perusahaan berjalan lancar.


    BACA JUGA: Manajemen efektif: Fungsi Strategis dan Strategi Penerapannya


    Manajemen bisnis bisa berjalan dengan baik jika  beberapa poin penting di bawah ini diterapkan:

    1. Memahami jenis usaha yang akan dilakukan sejak awal. Anda harus bisa mendeskripsikannya dan mengidentifikasi dengan baik. kemungkinan hambatan yang akan terjadi,
    2. Melakukan analisis produk dan persaingan dagang yang akan terjadi. Analisis dibutuhkan untuk strategi pemasaran produk.
    3. Melakukan pemasaran yang tepat. Pemasaran bisa dilakukan ke media sosialbaik secara online atau membuat konten baik tulisan atau video.
    4. Selalu melakukan pengecekan pada laporan keuangan. Kalau belum ada orang yang bekerja sebagai akuntan, bisa menggunakan aplikasi akuntansi agar proses pencatatan berjalan dengan baik.
    5. Melakukan evaluasi pada produk dan SDM pada jangka waktu tertentu. Evaluasi dilakukan untuk meminimalkan kesalahan yang pernah terjadi.
    Manajemen bisnis harus diterapkan  dan dilakukan dengan sebaik mungkn. Dengan manajemen bisnis yang baik semua sektor akan berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat meminimalkan kesalahan yang akan terjadi. Kalau Anda bisa melakukannya di berbagai sektor baik keuangan sampai SDM, peluang bisnis akan berkembang pesat dan lancar.

     

     

     

     

     

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button