• Manajemen efektif: Fungsi Strategis dan Strategi Penerapannya

    Konsultan ISO JakartaSaat kita membaca dan mendengar kata “manajemen perusahaan” yang terlintas pertama kali dalam pikiran  adalah divisi dengan tugas mengelolah  dan mengatur  perusahaan. Dari arti singkat tersebut kita sudah tahu betapa pentingnya sebuah perusahaan memiliki manajemen yang efektif  untuk menjalankan bisnis.


    Manajemen memiliki fungsi yang strategis, tanpa adanya manajemen perusahaan untuk bisa mewujudkan visi dan misi perusahaan adalah suatu yang mustahil. Selain itu tanpa adanya manajemen perusahaan akan menimbulkan ketidakjelasan antar karyawan satu dengan yang lain tentang tanggung jawab masing-masing karyawan.


    Manajemen kinerja yang efektif menjadi salah satu cara yang sangat baik dan  ampuh untuk menjalankan sebuah bisnis agar lebih baik dan berkembang lebih maju. Akan tetapi , tidak semua perusahaan dapat melakukannya karena  adanya hambatan, terutama dari sumber daya manusia yang dimiliki.


    James A.F Stoner memberikan pengertian bahwa manajemen perusahaan adalah proses membuat suatu perencanaan, penyusunan, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, untuk mempraktikkan kinerja manajemen yang lebih efektif, perlu perekrutan sumber daya manusia yang berkualitas, handal  dan terampil.


    Hal inilah  yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan kelas menengah ke atas. Sementara untuk perusahaan yang berskala kecil , kinerja manajemen dapat dilakukan lebih sederhana  dengan cara yang mudah. Dengan begitu, perusahaan dapat berjalan berkembang dan lebih efektif.


    Apa itu manajemen kinerja yang efektif?


    Sebuah perusahaan atau unit usaha tentunya mempunyai personi  atau sekelompok orang yang bisa mengatur jalannya operasional perusahaan. Ibaratnya sebuah kendaraan bermotor, manajeman merupakan nakhoda  yang menjalankan dan mengarahkan arah ke mana akan pergi dan berlabuhnya sebuah kapal. Tugas ini sangat penting dan krusial  serta  cukup berat. Oleh karena itu, diperlukan orang –orang yang handal dan berkualitas untuk menangani sebuah perusahaan.


    Orang-orang tersebut mempunyai kompetensi di bidangnya, sehingga mampu untuk mengambil kebijakan strategis dalam sebuah pengambilan keputusan diperusahaan. Operasional perusahaan akan berhasil tergantung dengan kualitas manajemen yang dikelolahnya. Manajemen juga harus bertanggung jawab penuh atas berhasil tidaknya sebuah operasional perusahaan. Para manajemen akan dimintai laporan  pertanggungjawaban untuk setiap unit kerja oleh pemilik perusahaan, yang mungkin tidak terlibat dalam sebuah tugas menajemen.


    BACA JUGA: Cara mengurus Sertifikat Halal dari MUI Untuk Mendapatkan Label Halal


    Bagaimana cara membuat manajemen kinerja yang efektif? Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, antara lain:


    1. Perencanaan kerja terstuktur dan jelas

    Dengan pembagian kerja dan struktur yang jelas sangat efektif dalam segi biaya dan waktu. 

    Manajemen perlu merencanakan kebijakan yang stretegis untuk ke depannya. Semuanya harus terstruktur dan terencana agar dapat bekerja dengan efektif, dan  tidak memakan waktu dan memboroskan biaya

    2. Kualitas Sumber daya Manusia.

    Sebuah struktur manajemen harus terdiri dari orang ornag yang berkualitas, handal dan cekatan. Jika didalam perusahaan diisi oleh orang – orang yang tidak berkompeten , apalagi masih ada unsur nepotisme  maka perusahaan tersebut akan sulit  maju dan berkembang.

    Selain itu juga perusahaan harus mengadakan pelatihan atau seminar untuk menambah wawasan para pekerja diperusahaan.

    3. Belajar dari pengalaman perusahaan lain.

    Jangan pernah takut dan malu untuk terus belajar demi meningkatkan kualitas dan kinerja manajemen perusahaan yang lebih efektif.


    Manajemen yang efektif akan menambah keuntungan yang berlimpah. Dengan demikian keberhasilan sebuah perusahaan ditentukan oleh manajemen yang terstruktur dan efektif.

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button