• Cara Dan Kendala Mendapatkan SNI Produk (Part 2/3)

     


    Pelatihan ISO Jakarta - Mari kita bahas proses pengurusan SNI yang sebelumnya sudah melewati proses Cek SNI dan Cek LSPro (baca: Cara Dan Kendala Mendapatkan SNI Produk (Part 1/3)), maka selanjutnya adalah proses mengajukan permohonan dan proses LSPro meninjau permohonan.


    3. Pengajuan permohonan

    3. Pengajuan permohonan


    Penjelasan :

    Apabila sudah didapatkan LSPro nya yang sesuai, segeralah menghubungi LSPro tersebut dan mintakan apa saja persyaratan yang diperlukan untuk membuat atau mendapatkan sertifikasi SNI Produk. Pada umumnya LSPro akan menyampaikan persyaratannya dalam 3 kelompok yaitu:

    1. Persyaratan formal / perijinan pendirian perusahaan
    2. Persyaratan teknis sesuai jenis SNI yang akan diajukan (misalnya data uji serta data kalibrasi dan lain sebagainya)
    3. Persyaratan tambahan yaitu sertifikasi / sistem ISO 9001


    Proses :

    Persiapkan dan kumpulkanlah persyaratan – persyaratan yang sudah diminta, selanjutnya persyaratan tersebut dilampirkan bersamaan dengan surat permohonan yang sudah diisi dengan benar sehingga anda bisa melengkapi semua persyaratan dan secepatnya memperoleh jadwal kegiatan audit di lapangan.


    Kendala :

    Biasanya ada dua kendala umum yang tidak jarang muncul ketika proses ini berlangsung. Kendala - kendala ini juga tidak jarang akan membutuhkan waktu dan biaya dari perusahaan. Kendala tersebut diantanya yaitu: Kekurangan persyaratan formal pendirian perusahaan dan belum diterapkannya standar ISO 9001:2015.


    Terkait kendala yang pertama sudah pasti anda mesti secepatnya melengkapinya. Normalnya, anda tidak boleh menganggap persyaratan formal perijinan perusahaan sebagai hal yang menyulitkan. Kita wajib mendukung semua peraturan yang ada di Indonesia, karena kita sebagai orang Indonesia, walaupun mungkin kesannya merugikan.


    Terkait kendala yang kedua, anda perlu berkonsultasi dan bekerjasama dengan konsultan ISO 9001 sehingga anda bisa mendapatkan bimbingan dan pendampingan dalam proses memenuhi kelengkapan persyaratan ISO 9001 dan di audit oleh Badan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu.


    Pada dasarnya tidak ada suatu keharusan bahwa badan / lembaga sertifikasi ISO 9001 mesti sama dengan lembaga sertifikasi produk. Sebab hal ini merupakan dua standar yang tidak sama. Boleh-boleh saja apabila anda memiliki badan sertifikasi ISO 9001 yang tidak sama dengan lembaga sertifikasi produk anda.


    4. LSPro meninjau permohonan

    4. LSPro meninjau permohonan


    Penjelasan :

    Sebagai pemohon, Anda dapat menunggu selama dalam proses ini apakah kelengkapan administrasi yang telah anda kirim sudah sesuai atau belum dengan persyaratan yang telah ditetapkan.


    Anda dapat berkomunikasi dengan bagian pendaftaran untuk memastikan bahwa kelengkapan administrasi yang telah anda kirim sudah sesuai dan suda anda penuhi. Yang menjadi tanda apakah anda sudah menyelesaikan fase ini atau belum yaitu ketika sudah diterbitkan jadwal audit. Pada tahap ini, pastikan juga biayanya sudah anda siapkan.


    Proses :

    LSPro akan mengevaluasi kecukupan permohonan dan mengatur jadwal audit eksternal dari LSPro ke perusahaan anda. Bila terdapat kekurangan administrasi maka anda harus segera melengkapi persyaratan ini.


    kendala :

    Biasanya yang menjadi kendala pada tahap ini adalah perusahaan tidak mengetahui berapa perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan saat pengurusan SNI, sehingga tidak sedikit informasi simpang siur yang beredar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Masalah ini dapat diatasi dengan langsung bertanya saja kepada LSPro tentang nominal pembiayaan dalam sertifikasi SNI yang akan dilakukan. BSU Konsultan sendiri seringnya menganjurkan klien untuk merujuk pada LSPro dari badan pemerintah sebab mereka memiliki struktur biaya yang sudah sangat jelas dan stuktur pembiayaannya didasarkan pada peraturan pemerintah tertentu. Akan tetapi, kekurangan LSPro dari pemerintah adalah biaya mereka tidak dapat ditawar, malah selalu mungkin terjadi penambahan biaya.


    Anda dapat memeriksa web dibawah ini untuk menjadi contoh melihat struktur biaya yang menjadi acuan dalam SNI.

    http://bsi.kemenperin.go.id/halaman/tarif-jasa-layanan-teknis/nav/81


    Nah, untuk langkah selanjutnya, Anda dapat melanjutkan membaca ulasan proses yang kelima disini: 

    .

     

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button