• Proses dan kendala Mendapatkan SNI Produk (Part-3)



    Training ISO Jakarta - Kali ini akan dibahas bagian akhir dari proses pengurusan SNI yang sebelumnya telah dibahas terkait empat proses awal, yaitu proses Cek SNI dan Cek LSPro (baca:  Cara Dan Kendala Mendapatkan SNI Produk (Part 1/3)), proses mengajukan permohonan dan proses LSPro meninjau permohonan (baca: Cara Dan Kendala Mendapatkan SNI Produk (Part 2/3)), dan sekarang akan diulas proses LSPro melakukan evaluasi, melakukan tinjauan dan menerbitkan sertifikasi, beserta kendalanya.


    5. LSPro melakukan evaluasi

    5. LSPro melakukan evaluasi


    Penjelasan:

    Sesudah melakukan peninjauan atas permohonan yang dimasukkan, maka LSPro akan melaksanakan evaluasi yaitu melalui cara mengaudit langsung ke perusahaan anda. LSPro akan mengutus Auditornya untuk datang memantau proses pembuatan atau produksi produknya serta memantau data langsung di lokasi. Apabila pembuatan produk tersebut dilakukan di luar negeri maka auditor akan berkunjung langung ke pabrik pembuatan produk.


    Proses :

    Kegiatan audit ini mengacu pada ISO 19011:2018 Panduan Audit Sistem Manajemen, oleh karena itu pelaksanaan kegiatan audit tidak jauh berbeda dengan audit ISO 9001. Bagi perusahaan yang sebelumnya sudah menerapkan ISO 9001 tidak lagi perlu mengkhawatirkan terkait evaluasi yang dilaksanakan LSPro ini. Akan tetapi, bagi perusahaan yang belum menerapkan ISO 9001 sebelumnya, maka sangat disarankan untuk menerapkan ISO 9001 agar dapat terbiasa dengan cara audit seperti ini.

    Terdapat beberapa penekanan khusus pada tahap audit SNI ini, yaitu terkait data teknis dari produk anda. Data teknis dari produk Anda yang dimaksud terdiri dari: data mesin produksi anda, data hasil pengujian internal, data hasil kalibrasi alat uji, serta data hasil pengujian laboratorium eksternal.


    Kendala :

    Kendala yang sering ditemui pada proses ini cukup banyak, diantaranya: perusahaan merasa takut ketika mendengar kata audit, perusahaan tidak memiliki data lengkap, perusahaan bukan produsen langsung dari produk melainkan hanya sebagai distributor sedangkan proses pembuatan produk dilakukan di luar negeri. Kendala lainnya yaitu produk perusahaan tidak lolos standar teknis dari SNI produk serta perusahaan tidak memiliki orang untuk melaksanakan persiapan audit.

    Jika anda belum yakin dengan kesiapan perusahaan anda dalam hal ini maka dianjurkan untuk memakai jasa konsultan ISO. Konsultan yang akan anda gunakan sebaiknya memang yang terbiasa dengan SNI atau paling tidak yang terbiasa dengan ISO 9001 di pabrik / manufacturing, seperti BSU Konsultan.

     

    6. LSPro melakukan tinjauan

    6. LSPro melakukan tinjauan


    Penjelasan :

    Proses audit akan menghasilkan temuan - temuan yang perlu diperbaiki oleh perusahaan. Temuan audit yang perlu diperbaiki ini diberi batas waktu tertentu untuk perbaikannya sehingga bisa ditinjau kembali apakah produk tersebut memnuhi untuk mendapatkan sertifikat SNI. Hasil perbaikan juga harus sesuai dengan temuan yang sudah dibuat sehingga bisa dikategorikan memenuhi persyaratan SNI Produk.


    Proses :

    Anda melakukan perbaikan terhadap hasil temuan setelah menerima hasil temuan audit tersebut dari auditor. Data pendukung dari perbaikan temuan dikirimkan kepada auditor dan menjadi bahan tinjauan apakah produk anda dapat memenuhi persyaratan SNI.


    Kendala :

    Kendala pada proses ini ada pada temuan yang dihasilkan auditor. Tidak jarang perbaikan temuan membutuhkan biaya tambahan dan membutuhkan waktu lama untuk perbaikanya. Perbaikan yang membutuhkan biaya diantaranya yaitu alat uji yang perlu dikalibrasi di lab kalibrasi eksternal yang jika tidak dipenuhi maka standar teknis produk tidak mencukupi persyaratan teknis SNI.


    7. LSPro menerbitkan sertifikasi

    7. LSPro menerbitkan sertifikasi


    Penjelasan :

    Setelah berbagai perbaikan telah anda lakukan dan dianggap sudah sesuai dengan persyaratan SNI maka LSPro akan sesegranya menerbitkan sertifikasi produk yang anda inginkan. Pastikan merk, nama alat, nama serta alamat perusahaan sudah benar sebelum sertifikat SNI anda terima.


    Proses :

    perbaikan temuan audit akan diterima auditor dan kemudian membawa ke grup khusus untuk memutuskan bahwa apakah produk dari perusahaan sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikasi produk.


    Kendala :

    Satu-satunya yang menjadi kendala adalah kecepatan ataupun kemampuan perusahaan anda untuk melunasi biaya sertifikat SNI nya sebagaimana dengan perjanjian awal, karena bila anda belum melunasi pembayaran maka sertifikat tidak akan diserahkan. 

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button