• Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

    Sistem Manajemen Mutu ISO 9001


    Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 adalah sebuah aturan yang berisikan kumpulan kebijakan dan tata cara proses suatu produk atau layanan bisa dihasilkan oleh suatu perusahaan. Aturan tersebut didokumentasikan dalam bentuk catatan.

    Sistem ini menentukan bagaimana sebuah perusahaan bisa menciptakan produk dan layanan yang mereka miliki kepada pelanggan bisa sesuai dengan standarnya.

    Saat diterapkan pada perusahaan, sistem manajemen mutu harus spesifik untuk produk atau layanan yang Anda berikan. Jadi penting untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar sistem manajemen mutu ISO 9001. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa membantu perusahaan Anda.

    Sistem Manajemen Mutu ISO 9001


    Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 adalah sebuah standar yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional (ISO).

    Standar ini telah diadopsi oleh banyak perusahaan di seluruh dunia dan dijadikan panduan dalam membangun serta memelihara sistem manajemen mutu karena dinilai memang cukup bagus.

    ISO 9001 memiliki prinsip-prinsip dasar serta komponen-komponen yang harus dipatuhi oleh perusahaan agar produk atau layanan yang dihasilkan bisa sesuai dengan standarnya.

    Standar ini didasarkan pada pendekatan berbasis proses, di mana setiap proses di dalam perusahaan perlu dipahami, dikelola, dan ditingkatkan secara terus menerus.

    Implementasi ISO 9001 memberikan manfaat bagi perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan efektivitas operasional.

    Bahkan ISO 9001 yang diimplementasikan dengan baik dan perusahaan bisa mendapatkan sertifikasinya, bisa juga bermanfaat untuk menaikan reputasi perusahaan.

    Agar lebih paham, berikut ini adalah sejarah tentang ISO 9001 dimulai dari dahulu hingga sekarang.

    Sejarah ISO 9001


    ISO 9001 dimulai pada tahun 1987 ketika ISO menerbitkan standar pertama untuk sistem manajemen mutu, saat itu sebutannya adalah ISO 9001:1987.

    Standar ini dibuat berdasarkan standar Inggris BS 5750 dan bertujuan untuk membantu perusahaan untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan telah memenuhi persyaratan yang diinginkan pelanggan.

    Pada tahun 1994 standar ISO 9001 diperbarui lagi dan berubah namanya menjadi ISO 9001:1994. Pembaruan ini mencakup penekanan pada pendekatan berbasis proses dan keterlibatan karyawan dalam sistem manajemen mutu.

    ISO 9001 kemudian diperbarui lagi pada tahun 2000 dan dikenal sebagai ISO 9001:2000. Pembaruan pada tahun ini mencakup pendekatan berbasis risiko dan menempatkan fokus pada pelanggan.

    ISO 9001 diperbarui lagi pada tahun 2008 dan dikenal sebagai ISO 9001:2008, lalu pada tahun 2015 ISO 9001 ini berubah nama lagi menjadi ISO 9001:2015.

    Pembaruan terbaru ISO 9001:2015 mencakup perubahan besar dalam struktur dan bahasa standar dengan menempatkan fokus pada konteks perusahaan dan pemikiran berbasis risiko.

    ISO 9001 telah menjadi standar internasional yang diadopsi oleh perusahaan di seluruh dunia sebagai panduan dalam membangun dan memelihara sistem manajemen mutu yang efektif.

    Siapa yang Membutuhkan ISO 9001


    Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 ditujukan untuk perusahaan pada semua sektor dan ukuran. Tidak perduli dari perusahaan kecil atau perusahaan multinasional bisa menerapkan standar ini.

    Sistem Manajemen Mutu ini memang sangat cocok sekali diterapkan pada perusahaan yang ingin memastikan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan dapat terus menerus memenuhi persyaratan yang diinginkan pelanggan.

    ISO 9001 dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan baik kecil dan besar, termasuk seperti perusahaan pemerintah, perusahaan swasta, hingga perusahaan nirlaba.

    Manfaat ISO 9001


    Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah mendapatkan gambaran tentang ISO 9001, agar lebih paham secara menyeluruh, sebaiknya Anda tahu juga manfaat apa saja yang bisa perusahaan dapatkan bila menerapkan ISO 9001.

    Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa perusahaan dapatkan bila mengimplementasikan dan mendapatkan sertifikasinya :

    1. Menjaga Kualitas Produk atau Layanan
    2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
    3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan
    4. Meningkatkan Askes ke Pasar Global
    5. Meningkatkan Kinerja Operasional dan Produktifitas

    Itulah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 pada perusahaan.

    Banyak yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO 9001 karena memang akan berdampak cukup baik pada perusahaan. Bahkan bisa juga menjadi pembeda antara perusahaan Anda dengan perusahaan kompetitor.

    Jadi sistem manajemen mutu ISO 9001 ini memang layak untuk Anda pertimbangkan. Bila Anda hendak menerapkannya, maka bisa menggunakan bantuan jasa konsultan yang kami miliki.

    Jasa Konsultan ISO 9001


    Sistem manajemen mutu iso 9001 menjadi salah satu bagian yang rasanya wajib untuk perusahaan Anda miliki dan implementasikan.

    Namun jika sulit untuk mengimplementasikannya atau pun kurang terlalu paham untuk mengurusnya, maka Anda bisa menggunakan bantuan jasa konsultan ISO 9001.

    Ada beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan jasa konsultan ISO 9001 untuk perusahaan Anda. Berikut ini adalah beberapa alasan tersebut :

    1. Konsultan Memiliki Pengalaman


    Tidak bisa dipungkiri untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001 dan mengimplementasikannya pada perusahaan Anda bisa saja menjadi sulit.

    Karena itulah sebaiknya Anda menggunakan bantuan jasa konsultan yang telah memiliki banyak pengalaman agar Anda tidak kehilangan banyak waktu untuk mencobanya sendiri.

    2. Konsultan Dapat Membantu Anda untuk Melakukan Evaluasi


    Karena sudah pernah membantu berbagai klien sebelumnya, konsultan jadi tahu bagaimana cara membuat dan mengimplementasikan sistem manajemen ISO 9001, sehingga konsultan dapat membantu sistem manajemen yang ada saat ini untuk dievaluasi dan disesuaikan untuk kebutuhan sertifikasi ISO 9001.

    3. Konsultan Dapat Membantu Anda untuk Menyiapkan Berbagai Macam Dokumen yang Dibutuhkan


    Menggunakan jasa konsultan juga dapat membantu perusahaan Anda untuk mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk mendukung sertifikasi ISO 9001.

    Nah itulah beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan kenapa harus menggunakan jasa konsultan ISO 9001.

    Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 adalah standar internasional yang diakui secara global untuk sistem manajemen mutu.

    Implementasi ISO 9001 dapat memberikan banyak manfaat bagi organisasi, termasuk meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, meningkatkan reputasi perusahaan, serta dapat juga meningkatkan akses ke pasar global.

    Meskipun tidak ada persyaratan hukum atau aturan yang mengharuskan organisasi untuk menggunakan jasa konsultan untuk menerapkan ISO 9001, banyak organisasi memilih untuk menggunakan jasa konsultan untuk membantu mereka dalam implementasi dan sertifikasi ISO 9001 karena proses yang dilakukan nantinya lebih mudah dan cepat.

    Oleh karena itu, kami menyarankan bagi Anda yang hendak mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 bisa menghubungi kami untuk menggunakan jasa konsultan iso yang kami miliki.

    Cara Pesan Jasa Konsultan ISO 9001


    Jika Anda tertarik untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dan memperoleh manfaat dari sertifikasi tersebut, namun masih merasa kesulitan dalam memahami persyaratan dan implementasi standar tersebut, kami siap membantu.

    Tim konsultan kami yang berpengalaman dapat membantu Anda dalam mengimplementasikan sistem manajemen ISO 9001 dengan efektif dan efisien. Informasi lebih lanjut tentang jasa konsultan ISO 9001 yang kami tawarkan bisa Anda dapatkan dengan menghubungi kami langsung via Whatsapp di bawah ini.