• Sertifikat ISO 45001: Bagaimana Cara Mendapatkannya?



    Training ISO JakartaSeberapa bermanfaat sertifikat ISO 45001 bagi organisasi Anda? Sertifikat ISO 45001 sama halnya dengan sertifikat ISO lainnya. ISO 45001 membawa semua manfaat yang diberikan OHSAS 18001 dengan beberapa penambahan yang baru. Berikut beberapa diantaranya:

     

    • Meningkatkan citra dan kredibilitas. Dengan memiliki sertifikat ini, anda dapat meyakinkan pelanggan bahwa anda memiliki komitmen untuk membangun dan memelihara sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Anda juga lebih meningkatkan citra dan pangsa pasar anda dengan mengurangi jumlah insiden kesehatan dan keselamatan kerja (OH&S) di tempat kerja dan meyakinkan mereka bahwa anda memilihara para karyawan dengan baik.

     

    • Meningkatkan kontrol biaya. Salah satu perbaikan yang dicari oleh semua organisasi adalah pengurangan biaya. Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSMS) dapat membantu dalam hal mengurangi biaya asuransi dan meminimalisir insiden kesehatan dan keselamatan kerja yang dapat menyebabkan tuntutan hukum dan penurunan citra organisasi.

     

    • Pengambilan keputusan berbasis bukti. Dengan memastikan bahwa Anda menggunakan data yang akurat untuk membuat keputusan, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan dan mengurangi risiko upaya yang gagal. Dengan menggunakan data untuk melacak kemajuan, Anda dapat menerapkan inisiatif perbaikan yang dapat menghemat biaya dan waktu.

     

    • Menciptakan budaya perbaikan berkelanjutan. Dengan peningkatan berkelanjutan, Anda dapat bekerja menuju proses yang lebih baik dan mengurangi bahaya kesehatan dan keselamatan kerja dengan cara yang sistematis. Ketika budaya perbaikan diciptakan, orang selalu mencari cara untuk membuat proses mereka lebih baik, yang membuat pemeliharaan OHSMS lebih mudah.

     

    • Melibatkan orang-orang (karyawan). Jika harus memilih antara bekerja untuk perusahaan yang menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan dan keselamatan kerja atau yang tidak, kebanyakan orang akan memilih pilihan pertama. Dengan melibatkan karyawan dalam penerapan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, Anda dapat meningkatkan fokus dan retensi mereka.

     

    Baca Juga: Pentingnya Sertifikat ISO, Bagaimana Cara Mendapatkannya?


    Selain manfaat yang disebutkan di atas, perubahan dari OHSAS 18001 ke ISO 45001 membawa banyak manfaat seperti:

     

    • kejelasan lebih lanjut tentang masalah OHSMS
    • meningkatkan keterlibatan kepemimpinan dan partisipasi pekerja di OHSMS
    • pemikiran berbasis risiko untuk OHSMS
    • penyelarasan kebijakan dan tujuan Kesehatan dan Keselamatan Kerjadengan arah strategis organisasi
    • integrasi OHSMS ke dalam proses bisnis organisasi
    • bahasa yang disederhanakan, struktur umum dan istilah.

     

    Bagaimana langkah-langkah mendapatkan sertifikat ISO 45001?

     

    Bagaimana langkah-langkah mendapatkan sertifikat ISO 45001?

    Untuk mendapatkan sertifikat, anda belum cukup hanya dengan mendokumentasikan dan menerapkan OHSMS saja. Anda juga harus yakin bahwa kegiatan tersebut telah efektif dan sesuai dengan standar. Langkah-langkah berikut dimaksudkan untuk memastikan hal ini dan menyiapkan organisasi Anda untuk audit sertifikasi:

     

    Audit internal – Tujuan audit internal adalah untuk menentukan tingkat kepatuhan OHSMS Anda dengan persyaratan standar. Selama audit, auditor internal akan meninjau dokumen, catatan, dan proses untuk mengidentifikasi kelemahan dan memberikan informasi tentang ketidaksesuaian.

     

    Tinjauan manajemen – Ini adalah tinjauan terakhir atas efektivitas OHSMS Anda, manajemen puncak perlu meninjau informasi tentang kinerja, hasil audit internal, pencapaian tujuan dan perubahan dalam konteks organisasi. Semua informasi ini akan memungkinkan manajemen puncak untuk membuat keputusan tentang cara meningkatkan OHSMS yang ada.

     

    Tindakan korektif – Baik audit internal dan tinjauan manajemen memberi Anda informasi tentang apa yang perlu diubah, diperbaiki, dan ditingkatkan. Tindakan korektif ini adalah alat terbaik untuk menangani ketidaksesuaian. Tindakan korektif dilakukan untuk mencapai kepatuhan penuh dengan standar.

     

    Proses sertifikasi organisasi dibagi menjadi dua tahap:

     

    Proses sertifikasi organisasi dibagi menjadi dua tahap:

    Tahap Satu (tinjauan dokumentasi). Ini adalah tahap awal audit; auditor akan meninjau dokumen OHSMS Anda untuk mengenal organisasi Anda dan prosesnya sebelum audit utama serta untuk memastikan dokumen Anda sesuai dengan persyaratan ISO 45001.

     

    Tahap Dua (audit utama). Audit utama adalah bagian terpenting dari audit sertifikasi. Selama fase ini, auditor sertifikasi akan melakukan wawancara dengan manajemen puncak dan karyawan serta mengamati proses Anda. Tujuan mereka adalah untuk menentukan kepatuhan OHSMS Anda, tidak hanya terhadap persyaratan standar, tetapi juga terhadap konten dokumen Anda yang telah diperiksa selama tahap pertama.

     

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button