• Seberapa Penting Sertifikat ISO Bagi Sebuah Perusahaan?

     


    Training ISO JakartaMungkin anda sering mendengar istilah ISO. Tapi tahukah anda, apa itu sertifikat ISO? Singkatnya saja, sertifikat ISO adalah sebuah sertifikasi yang berkaitan erat dengan standar internasional. Sebenarnya, apakah penting sebuah perusahaan jika memiliki sertifikasi ISO? Apakah manfaat sertifikasi tersebut untuk perusahaan? Nah, untuk mengetahui informasi seputar sertifikat ISO, mari simak informasinya berikut ini.

     

    Apa itu ISO?


    Apa itu ISO? 

    ISO merupakan kepanjangan dari International Organization for Standarizations. ISO merupakan suatu standar internasional pada sebuah sistem manajemen untuk mengukur mutu sebuah organisasi maupun perusahaan. Dengan memiliki sertifikasi dapat menjadi sebagai alat ukur kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global. ISO juga berperan penting dalam meningkatkan mutu manajemen sebuah perusahaan.


    Umumnya perusahaan yang sudah memiliki sertifikasi ISO dapat bersaing dengan perusahaan terkemuka lainnya. Pasalnya, ISO dapat mencerminkan kualitas dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Dan pada akhirnya perusahaan tersebut bisa memenangkan kompetisi pasar. Hal ini pun berpengaruh pada kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan memiliki sertifikat ISO, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

     

    Masih banyak manfaat-manfaat lain jika memiliki sertifikat ISO, selain yang telah disebutkan di atas. Berikut beberapa manfaat lainnya:

     

    Manfaat Sertifikat ISO


    Manfaat Sertifikat ISO

    Sertifikasi ISO memberikan banyak dampak positif bagi perusahaan dan dapat membuat perusahaan menjadi maju dan lebih kompetitif dengan perusahaan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat sertifikasi ISO untuk perusahaan yang dikutip dari OSS Sertification:

     

    1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

     

    Kredibilitas adalah hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan. ISO membuat perusahaan mendapatkan kredibilitas yang baik. Artinya, perusahaan dapat lebih cepat tanggap mengambil tindakan jika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai dengan prosedur. Dengan kredibilitas perusahaan yang tinggi, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan tersebut.

     

    1. Jaminan Atas Kualitas Standar Internasional

     

    ISO sangat berpengaruh pada perusahaan, karena dapat membuat perusahaan memiliki produk atau jasa yang memiliki standar internasional. Seperti yang diketahui, produk yang telah berstandar internasional biasanya dianggap oleh masyarakat sebagai produk yang bagus. Pastinya untuk mendapatkan sebuah sertifikat ISO tidak mudah untuk didapatkan, banyak tahapan proses yang harus dilalui. Mulai dari identifikasi, analisa, dan juga eksekusi sebuah penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional.

     

    Baca Juga: Langkah-Langkah Mengurus Sertifikasi Halal


    1. Menghemat Biaya

     

    Dengan sertifikasi ISO, sebuah perusahaan akan memiliki manajemen khusus yang bisa mengetahui bagaimana kinerja perusahaan. Ketika perusahaan tersebut mengetahui bahwa produk akan gagal, mereka akan segera bisa melakukan antisipasi dan astinya akan menghemat biaya-biaya kerugian tersebut.

     

    1. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

     

    Standar ISO juga dapat mengoptimalkan kinerja karyawan karena sertifikasi tersebut berkaitan erat dengan manajemen mutu. Dengan adanya ISO, seluruh karyawan baik tingkat manajerial maupun staff akan berusaha untuk melakukan yang terbaik demi perusahaan. Mereka akan bekerja keras untuk menjaga kualitas maupun produktifitas saat bekerja demi mempertahankan standar internasional yang telah perusahan mereka dapatkan.

     

    1. Meningkatkan Image Perusahaan

     

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, standar mutu internasional akan membuat produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan menjadi berkualitas dan tentunya akan dilirik oleh banyak pelanggan. Inilah yang akan membuat image perusahaan berangsur-angsur menjadi bagus dan meningkat.

     

    Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai ISO dan manfaatnya bagi perusahaan. ISO begitu bermanfaat karena bisa meningkatkan mutu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Akhirnya perusahaan akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang lebih besar dan dapat membuat perusahaan tersebut berkembang dengan pesat. Dengan adanya ISO, sebuah perusahaan akan lebih mampu bersaing dengan perusahan lain dan dapat meningkatkan daya tarik orang akan produk atau jasa yang ditawarkannya. Dan pada akhirnya, perusahaan tersebut akan terus berkembang dan maju.

      

    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button