• ISO 90001: Dapat Meningkatkan Image Perusahaan

     


    Konsultan ISO Jakarta - Pernahkan anda mendengar istilah ISO 9001? Bagi para penggiat bisnis, istilah tersebut sudah tidak asing lagi. Namun beda halnya bagi para orang awam, tentunya istilah ISO 9001 begitu asing. Lalu, apakah itu ISO 9001? Bagaimana bisa dengan ISO 9001 dapat meningkatkan brand image perusahaan?

     

    ISO 9001 merupakan standar internasional yang bisa meningkatkan mutu atau kualitas produk atas jasa dari sebuah perusahaan. Dengan ISO 9001, produk atau jasa dari sebuah perusahaan akan berstandar internasional, produk dari perusahaan ini telah memiliki kualitas yang sama dengan perusahaan lainnya yang ada di dunia. Jadi, jelaslah jika ISO 9001 ini akan membuat brand image perusahaan menjadi meningkat.

     

    Bagaimana Caranya Mendapatkan ISO?

     

    Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001, tentunya ada banyak langkah yang harus ditempuh dan juga pembenahan mutu dan kualitas yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan standar internasional yang sama dengan perusahaan lainnya di dunia. Berikut ini beberapa standar penilaian yang harus dibenahi ataupun dilengkapi agar bisa mendapatkan sertifikasi ISO 9001:

     

    1. Berbagai proses yang berkaitan dengan pelanggan
    2. Sistem kepemimpinan atau leadership yang ada di sebuah perusahaan
    3. Manajemen sumber daya
    4. Perbaikan dan juga peningkatan proses
    5. Sistem manajemen sebuah perusahaan
    6. Sistem perbaikan yang berkesinambungan
    7. Pengambilan keputusan yang factual
    8. Hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok

     

    Secara umum, proses implementasi ISO 9001 dilakukan dalam beberapa tahapan. Nantinya akan ada konsultan ISO 9001 yang akan memberikan penilaian untuk menilai dan membenahi unsur-unsur dari perusahaan yang dianggap belum memenuhi kriteria ISO 9001.

    Saat perusahaan tersebut telah melakukan pembenahan, maka konsultan ISO 9001 akan melakukan penilaian ulang. Jika perusahaan tersebut sudah memenuhi kriteria dan standar ISO 9001, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan sertifikasi ISO 9001.

     

    Bagaimana Bisa Dengan ISO Dapat Meningkatkan Image Perusahaan?

     

    ISO sangat membantu perusahaan untuk bersaing ketat dengan perusahaan lain. Pasalnya, dengan ISO sebuah perusahaan bisa sejajar dengan perusahaan internasional di seluruh dunia. Tentu saja hal tersebut akan membuat pelanggan atau klien merasa tertarik untuk membeli produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Selain itu ada juga alasan lain yang membuat ISO bisa meningkatkan brand image perusahaan, diantaranya:

     

    • Perusahaan telah terjamin secara global sehingga membuat para pelanggan puas terhadap jasa ataupun produk yang disediakan oleh perusahaan tersebut.

     

    • Memiliki sertifikasi ISO 9001 seolah menegaskan bahwa sebuah perusahaan telah diakui oleh dunia. Hal ini tentu saja membuat banyak pelanggan akan menaruh kepercayaan mereka untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang dtawarkan oleh perusahaan tersebut.

     

    Baca Juga: Seberapa Penting Sertifikat ISO Bagi Sebuah Perusahaan?

     

    • Selain bisa menjamin kepuasan pelanggan, ISO 9001 pun membuat para karyawan yang bekerja di perusahaan merasa puas. Hal ini tentu saja terjadi karena mereka merasa bangga saat bisa bekerja di perusahaan yang diakui oleh dunia dan sama hebatnya dengan perusahaan internasional lainnya yang ada di seluruh dunia.

     

    • Dengan adanya ISO 9001, perusahaan pun akan memiliki kredibilitas yang baik. ISO 9001 membantu perusahaan untuk memiliki gerakan antisipasi untuk mengatasi berbagai kendala yang mungkin akan terjadi di perusahaan. Dengan adanya antisipasi tersebut, maka perusahaan tidak akan mendapat kerugian dan tentunya itu sangat menguntungkan sekali untuk perusahaan agar bisa menghemat anggaran.

     

    • Standar Internasional atas mutu dan kualitas tentunya akan membuat perusahaan dipandang sebagai perusahaan berkelas. Akhirnya hal tersebut akan mendatangkan banyak laba untuk perusahaan.

     

    Demikianlah sedikit penjelasan tentang ISO 9001 dan alasan-alasan ISO 9001 dapat meningkatkan image sebuah perusahaan. Jika anda seorang pebisnis ataupun pemilik sebuah perusahaan yang ingin menarik minat pelanggan, segera dapatkan sertifikasi ISO 9001 yang akan memudahkan anda dalam mengembangkan perusahaan anda.

     

     


    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button