• Costumer Focus sebagai Bagian dari Sistem Manajemen Mutu


    Pelatihan ISO Jakarta - Pada prinsip-prinsip yang terdapat di dalam sistem manajemen mutu ISO 9001, prinsip yang berada di posisi pertama adalah Costumer Focus. Tentu saja hal ini bukanlah hanya sekedar urutan saja, namun terdapat faktor lain yang membuat Customer Focus menjadi prinsip yang sangat penting bagi perusahaan.


    Pada manajemen mutu memiliki focus utama yaitu bagaimana perusahaan dapat memenuhi persyaratan kepuasan pelanggan dan berusaha agar dapat melampaui keinginan atau harapan pelanggan (Customer Focus). Dalam proses mencapai pemenuhan permintaan pelanggan pada sebuah perusahaan, hal ini tentunya beriringan dengan upaya memahami apa yang menjadi harapan atau permintaan pelanggan.


    Dengan demikian diharapkan hubungan antara pelanggan dan perusahaan bisa terwujud sesuai harapan, dengan cara memberikan pelayanan terbaik ataupun dengan menawarkan produk atau jasa yang memiliki kualitas yang baik. Hal ini telah menjadi salah satu kewajiban dalam sebuah perusahaan, yaitu mampu memenuhi apa yang menjadi harapan pelanggan.


    Akan tetapi, sampai disitu saja belumlah cukup, perusahaan diharapkan dapat mampu melampaui harapan pelanggan tersebut, karena hal tersebut sudah tentu dapat menjadi nilai tambah yang seharusnya ditawarkan oleh perusahaan dan dapat menjadi suatu keunggulan bagi sebuah perusahaan.


    Baca Juga: Alasan Mengapa Jasa Konsultan ISO Penting Bagi Perusahaan Anda


    Dalam upaya melampaui harapan pelanggan, perusahaan sudah pasti mencari cara bagaimana hal itu terwujud. Untuk itu, perusahaan perlu menyiapkan dan penerapkan suatu Sistem Manajemen Mutu dalam pengorganisasian aktivitas perusahaan.  Sistem Manajemen Mutu sendiri adalah suatu sistem manajemen yang berfungsi  untuk melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan maupun tugas yang harus dilaksanakan di dalam suatu organisasi.


    Dengan adanya Sistem Manajemen Mutu ini, diharapkan bahwa layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan, maupun sarana atau fasilitas yang digunakan dalam kegiatan perusahaan memenuhi dan melampaui suatu standard dan dapat tetap demikian atau bersifat konsisten.


    Konsistensi dalam memenuhi dan juga konsistensi dalam mempertahankan tingkat mutu bagi suatu perusahaan sebagaimana yang diinginkan dalam organisasi atau perusahaan tesebut, merupakan hal yang sangat diperlukan. Hal-hal yang menjadi bagian dalam upaya ini diantaranya yaitu adanya penentuan atau penetapan kebijakan mutu, membuat dan mengimplementasikan rencana dan pengadaan jaminan kualitas, serta kegiatan monitoring atau kontrol kualitas, termasuk juga bagaimana upaya dalam peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Oleh karena itu, yang menjadi target dari sistem manajemen mutu bukan hanya bagaimana menciptakan produk atau layanan yang berkualitas saja, melainkan juga bergerak dalam rangka mempertahankannya.


    Membangun orientasi Customer Focus merupakan salah satu atau bagian dari sistem manajemen mutu. Dengan adanya sistem manajemen mutu, sebuah kinerja perusahaan dapat mewujudkan berjalannya kualitas kinerja, produktivitas, serta sistem manajemen perusahaan yang optimal, sehingga pada akhirnya visi dan misi perusahaan bisa dicapai.


    BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.


    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button