• Konsultan Penyusunan Standar Operational Prosedur (SOP)

    Konsultan untuk SOP sangat banyak perusahaan atau organisasi yang membutuhkannya sekarang. Selain mendapatkan bantuan dalam standarisasi perusahaan atau prganisasi akan memiliki pegawai yang terlatih. Ini bisa perusahaan atau organisasi rasakan ketika mereka meminta bantuan Konsultan SOP untuk membentuk karakter pegawai mereka.

    Standar Operasional Prosedur merupakan acuan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja dari suatu perusahaan atau instansi pemerintahan yang dibantu oleh Konsultan Penyusunan SOP berdasarkan  indikator-indikator teknis, administrative dan procedural sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang saling bersangkutan.



    Tujuan dan Fungsi SOP


    Tujuan dibentuknya SOP adalah untuk menciptakan komitmen bersama diantara bagian atau level pada suatu perusahaan atau instansi pemerintahan serta menjadikan tugas pekerjaan seharusnya untuk mewujudkan tata kelola yang baik. Oleh karena itu, SOP yang baik adalah SOP yang mampu menjadikan arus kerja yang lebih baik, penghematan biaya, memudahkan pengawasan, serta kordinasi yang baik antara bagian – bagian perusahaan.

     Ada beberapa prinsip supaya SOP yang di hasilkan juga berkualitas, yang terdiri :


    1. Terukur.

    2. Dinamis.

    3. Berorientasi pada pengguna (public service)

    4. Kepatuhan hukum.

    5. Kepastian hukum.

    6. Kemudahan dan kejelasan.

    7. Efisiensi dan efektivitas.

    8. Dan yang terakhir adalah keselarasan.



    Sedangkan untuk fungsi dari SOP itu sendiri adalah sebagai berikut :

    1. Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan pada perusahaan

    2. Memperlancar tugas dari para pegawai/petugas atau tim/ unit kerja yang ada

    3. Menjadi pedoman dalam melaksanakan program rutin

    4. Mengetahui hambatan – hambatan yang terjadi pada sebuah perusahaan atau organisasi dan mudah melacak hambatan itu

    5. Dan yang terakhir adalah mengarahkan para pegawai atau petugas untuk menjadi lebih disiplin saat bekerja




    Manfaat SOP


    SOP memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi perusahaan atau organisasi yang ada. Oleh karena itu, banyak perusahaan atau organisasi yang mencari jasa untuk menemukan konsultan SOP terbaik. Lalu, apa saja manfaat dari SOP bagi perusahaan dan juga organisasi. Berikut ini kami akan memberikan rinciannya.

    1. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.

    2. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.

    3. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. Cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah pegawai lakukan.

    4. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.

    5. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan pengelolaan dengan baik.

    6. Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai untuk setiap unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.

    7. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.

    8. Dan yang terakhir adalah SOP akan membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.



    PRINSIP PELAKSANAAN SOP OLEH KONSULTAN


    Ada beberapa prinsip dasar yang harus ada dalam mengimplementasikan SOP-standard operational prosedur supaya mendapatkan hasil yang organisasi inginkan, yaitu

    1. Komitmen.

    2. Konsisten.

    3. Perbaikan berkelanjutan.

    4. Mengikat.

    5. Seluruh unsur memiliki peran penting.

    6. Dan yang terakhir adalah agar terdokumentasi dengan baik.




    RUANG LINGKUP


    SOP harus dapat melingkupi semua proses-proses bisnis yang terjadi dalam suatu perusahaan baik administrasi maupun operasional, baik internal maupun eksternal perusahaan yang dilakukan oleh setiap unit departemen.

    PT Bintang Solusi Utama merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultan dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.