✓ Konsultan ISO 27001 Anti Hacker

✓ Konsultan ISO 27001 Anti Hacker

Konsultan ISO 27001 menerapkan standar internasional sistem manajemen keamanan informasi sangat lah penting. Untuk menjaga informasi tetap aman terjaga dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. ISO 27001 adalah solusi untuk meningkatkan sistem manajemen kemanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management System (ISMS). ISO 27001 akan sangat membantu perusahaan atau organisasi dalam membangun dan memelihara sistem manajemen kemanan informasi. ISO 27001 merupakan seperangkat unsur yang saling berkaitan dengan perusahaan atau organisasi yang berguna untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi dan untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.


Permasalahan utama didalam menjaga keamanan informasi adalah bahwa informasi ini dapat terepresentasikan kedalam berbagai macam bentuk (verbal, tercetak, maupun tersimpan dalam format digital). DI Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan dan organisasi yang telah berhasil menerapkan dan tersertifikasi ISO 27001. Umumnya perusahaan atau organisasi di Indonesia melihat IT atau Informasi TEknologi hanya sebatas departemen supporting saja tidak memikirkan untuk perkembangan di masa yang akan datang. Hal yang sangat disayangkan melihat dari prospek kedepannya, justru IT lah yang akan berperan penting dan terdepan untuk menentukan maju atau tidaknya sebuah perusahaan atau organisasi. Berhasil maupun tidak implementasi ISO 27001 ini bukan hanya soal dana melainkan menjurus kepada sistem yang sudah berjalan di sebuah perusahaan atau organisasi. Mungkin bagi banyak perusahaan akan lebih mudah untuk mengeluarkan dana dibandingkan dengan merubah sistem yang sudah berjalan.

Di dalam ISO 27001 berisi 14 group (klausa) yang juga mencakup 113 kontrol yaitu:
  1. Information security policies
  2. How information security is organised
  3. Human resources security – controls that are applied before, during, or after employment.
  4. Asset management
  5. Access controls and managing user access
  6. Cryptographic technology
  7. Physical security of the organisation’s sites and equipment
  8. Operational security
  9. Secure communications and data transfer
  10. Secure acquisition, development, and support of information systems
  11.  Security for suppliers and third parties
  12. Incident management
  13. Business continuity/disaster recovery (to the extent that it affects information security)
  14. Compliance – with internal requirements, such as policies, and with external requirements, such as laws.
Banyak perusahaan dan organisasi menaruh harapan besar terhadap penggunaan ISO 27001, baik untuk internal perusahan atau organisasi maupun terhadap afiliasi atau rekanan. Tentunya dalam dunia bisnis, berhubungan dengan rekanan atau bahkan pelanggan dapat terjadi pertukaran data ataupun informasi. Pertukaran ini yang sering disebut dengan information exchange. Hal ini tidak bisa di anggap ringan, karena memerlukan kompromi supaya masing-masing perusahan atau organisasi saling menghormati dan sepakat untuk memperlakukan informasi tersebut tetap bernilai. 

JIka perusahaan atau organisasi telah memiliki sertifikat ISO 27001, siapapun akan merasa nyaman untuk menjalankan bisnis atau bahkan menjadi nilai tambah ketika tender mengikuti tender bisnis. Semoga setelah memiliki kesadaran akan pentingan sebuah keamanan tentang informasi yang dapat menurunkan tingkat risiko jika terjadinya gangguan untuk tercapainya tujuan sebuah perusahaan atau organiasi dan  terutama pemerintahan melalui penyedia publik lainnya.

Manfaat penerapan ISO 27001
  1. Memberikan sebuah kesempatan untuk secara sistematis mengidentifikasi dan mengelola risiko
  2. Memungkinkan tinjauan independen dari praktik keamanan informasi
  3. Menyediakan holistik pendekatan berbasis risiko, untuk mengamankan informasi
  4. Menunjukkan kredibilitas stakeholder
  5. Menunjukkan status keamanan sesuai dengan kriteria yang diterima secara internasional
  6. Menciptakan diferensiasi pasar
  7. Bersertifikat sekali – diterima secara global
PT Bintang Solusi Utama merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.

Hubungi kami klik di sini atau 

Telepon :
(021) 5291 7466
(031) 5967 623

No comments :

Post a Comment