✓ Konsultan ISO 31000 Itu Penting

✓ Konsultan ISO 31000 Itu Penting

Konsultan ISO 31000 - ISO 31000 memaparkan untuk seluruh perusahaan atau organisasi dalam mengahadapi factor internal maupun eksternal yang mungkin akan mempengaruhi perusahaan atau organisasi dalam keadaan yang tidak pasti untuk mencapai tujuan, hal ini dapat disebut risiko. ISO membuat rekomendasi berupa prinsip-prinsip dan kerangka yang bertujuan untuk mengelola risiko yang akan terjadi dan membantu perusahaan atau organisasi ketika risiko itu terjadi.

 
Konsultan ISO 31000 dapat dipergunakan oleh perusahaan dan organisasi manapun dan untuk seluruh level bagian yang tidak terbatas. ISO 31000 berisi tentang prinsip-prinsip dan pedoman untuk mengelola risiko perusahaan atau organisasi. Penerapan ini dapat membantu untuk memperbaiki dan mengidentifikasi peluang-peluang serta ancaman-ancaman yang mungkin dapat terjadi ketika risiko itu datang. ISO 31000 tidak dapat digunakan untuk tujuan sertifikasi, dengan kata lain belum ada sertifikat ISO 31000 untuk suatu organisasi, namun ISO 31000 dapat digunakan untuk program audit manajemen risiko.

ISO 31000 memberikan prinsip persayaratan dalam penerapan manajemen risiko, sebagai berikut :
  • Risiko yang dikelola mampu menciptakan dan melindungi nilai yang berkontribusi untuk pencapaian objektif dan perbaikan organisasi.
  • Manajemen risiko adalah bagian yang terintegrasi dengan keseluruhan proses didalam organisasi dan menjadi bagian dari tanggung jawab manajemen.
  • Manajemen risiko adalah bagian dari proses pengambilan keputusan melalui peranannya dalam memberikan pilihan kepada pengambil keputusan.
  • Manajemen risiko secara fleksibel mampu memperhitungkan ketidakpastian dan sifat ketidakpastian itu, serta berusaha dalam mengurangi ketidakpastian dalam setiap aktivitasnya dalam memastikan pencapaian objektif organisasi..
  • Manajemen risiko merupakan suatu yang sistematis, terstruktur, dan tepat waktu agar dapat berkontribusi secara efisien dan secara konsisten dapat menghasilkan sesuatu yang diperbandingkan dan diandalkan.
  • Manajemen risiko berdasarkan ketersediaan informasi yang terbaik seperti data historis, pengalaman, umpan balik pemangku kepentingan, observasi, perkiraan ke depan dan pertimbangan para ahli.
  • Manajemen risiko memerlukan adaptasi sesuai dengan konteks eksternal dan internal organisasi dan profil risiko organisasi.
  • Manajemen risiko memperhitungkan faktor manusia dan budayanya yang merupakan kemampuan, persepsi dan kemauan individu eksternal maupun internal dari suatu organisasi yang dapat mendukung pencapaian objektif.
  • Manajemen risiko adalah transparan dan inklusif melibatkan semua pemangku kepentingan terutama pengambil keputusan dalam menentukan kriteria risiko.
  • Manajemen risiko adalah dinamis, iterative, dan responsive terhadap perubahan, eksternal dan internal.
  • Manajemen risiko memberikan fasilitas perbaikan berkelanjutan organisasi yang diukur dari tingkat kematangan manajemen risikonya.
    PT Bintang Solusi Utama merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.

    Hubungi kami klik di sini atau 

    Telepon :
    (021) 5291 7466
    (031) 5967 623


No comments :

Post a Comment