• 5 Langkah Rencana Pengembangan Karir Di Perusahaan

     


    Rencana Pengembangan Karir Di Perusahaan


    Konsultan ISO Jakarta - Dalam bekerja atau berkarir Pastinya kita ingin memiliki karier yang terus berkembang dan semakin baik. Pengembangan dan merencanakan karir sejak dini sangat penting dalam memulai sebuah pekerjaan. Perencanaa pengenbangan Karir (career development plan) adalah rencana yang dapat kita gunakan memetakan perjalanan karir.

     

    Dengan rencana pengembangan karir  dapat memotivasi dan mengembangkan profesionalitas dalam bekerja. Menetapkan perencanaan dan strategi dalam bekerja, membuat kita bekerja menjadi bersemangat dan termotivasi. Fokus dalam mengembangkan karir dan terus belajar tentunya akan dilihat ldan dinilai  oleh manajemen perushaan  sebagai nilai lebih.

     

    Beberapa tips yang dapat anda  lakukan untuk melakukan perencanaan pengembangan karier:

     

    Beberapa tips yang dapat anda  lakukan untuk melakukan perencanaan pengembangan karier:

    1.         Evaluasi kemajuan kerja

    Tetap mengevaluasi diri dalam bekerja selama ini, apa saja yang sudah  lakukan untuk mencapai tujuan karier kita. Mengevaluasi kembali apa kurang atau kesalahan kita dalam bertindak. Meninjau pikiran atau  tindakan seperti apa yang akan dilakukan agar lebih baik dimasa akan datang  dari masa sebelumnya. Harus diingat bahwa ada hal-hal yang di luar kendali membawa rencana kita  keluar dari jalur yang dinginkan. Mengubah arah tindakan tidak masalah, selama  bisa fleksibel dan menerimanya.

     

    2.         Identifikasi tujuan bekerja

    Kedua adalah identifikasi ke manakah perjalanan karier kia selanjutnya. Hal ini dapat kita lakukan  dengan cara sebagai berikut. Brainstorming pikirkan dan cobalah untuk mengatasi hambatan apa yang mungkin terjadi ketika menuju karier impian. Di mana kita  ingin berada dalam kurun 2 hingga 5 tahun mendatang. Target yang akan dicapai pada karir , misalnya ingin menjadi kepala bagian atau mungkin impian yang dicita citakan  adalah menjadi pemilik perusahaaan Kembangkan tujuan yang spesifik dalam bentuk pernyataan ringkas. Hal ini akan membantu dalam mengembangkan karir. Dengan adanya tujuan yang spesifik, ini membuat Kita berada dalam peningkatan yang lebih kecil. Walaupun kecil, tapi  terus berkembang tidak berhenti di tempat yang sama.


    BACA JUGA: FOBO adalah ciri  Ketika Sulit Mengambil Keputusan dan Komitmen


    3.         Fokus pada tindakan

    Fokus pada tindakan yang akan dicapai , setelah menganalisa beberapa hal di atas, sekarang Sebagai awal mula tindakan yang harus dilakukan adalah misalnya tujuan anda adalah menjadi kepala bagian/ manajer disebuah perusahaan tempat anda bekerja,  Anda harus mempelajari apa yang dikerjakan seorang manajer  dan mempelajarinya dengan cermat.

     

    4.         Identifikasi posisi saat bekerja

    Mengidentifikasi di mana posisi Kita saat ini dalam berkarir dan bekerja . Refleksikan keahlian dan kekuatan anda pada  saat ini. Mengidentifikasi dan mengevaluasi pekerjaan pada saat ini adalah pentng dalam mencapai cita-cita yang telah anda ditargetkan sejak awal bekerja. Tidak lupa, pastikan anda mencatat posisi pada saat ini dan tak lupa job description yang dikerjakan pada saat ini. Posisi jabatan terakhir anda pada saat ini. Ada beberapa pertanyaan pada diri sendiri  yang dapat membantu dalam mengidentifikasikan diri diantarannya:

              Permasalahan yang menguras energi dan memberikan motivsi dalam bekerja.

              Pengalaman saya terdahulu?

              Hal apa saja yang membuat bersemangat dan termotvasi dalam bekerja

              Apakah saya senang dalam melakukan pekerjaan tersebut?

              Apa keterampilan yang saya miliki saat ini?

              Apa yang memotivasi saya untuk bangun dan pergi bekerja?

    Identifikasi tersebut dapat membantu anda dalam mengambil keputusan dan motivasi dalam bekerja.

     

    5.         Lakukan gap analysis

    Melakukan analisis kesenangan akan menentukan dimana sekarang kita berada dan tujuan kita bekerja.

    Hal ini dapat dilakukan dengan cara

              Mencari pekerjaan sesuai dengan minat keahlian  dan pengalaman.

              Mengikuti ketrampilan atau pun minat dan bakat yang diperlukan dalam bekerja.

              Jika perlu mengikuti sertifikasi keahlian tertentu untuk memenuhi kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan yang akan dilamar.

     

    Nah, itu tadi penjelasan bagaimana Anda dapat merencanakan karir di perusahaan Anda. Untuk pelatihan, training ataupun konsultasi terkait ISO, BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. 

     


    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button