• ISO : Penerapan dan Manfaatnya



    Pelatihan ISO Jakarta - International Organization for Standardization atau lebih akrab dikenal dengan ISO adalah salah satu Standar Internasional dalam suatu sistem manajemen yang mengukur mutu organisasi serta memegang peranan penting dalam mengukur suatu kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global yang juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

    Mereka yang mempunyai sertifikasi ISO tentu mempunyai kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait.

    Kita dapat menggambarkan ISO itu seperti  franchise. Franchise makanan/minuman yang mempunyai standar yang jelas serta harus diikuti oleh pegawai, sehingga rasa makanan bisa sama di setiap cabang. Rasa makanan tidak tergantung dari koki yang memasak makanan tersebut.

    Menerapkan ISO artinya setuju dengan standar yang menjadi pedoman dalam operasional perusahaan. Perusahaan yang baik akan lebih mengacu pada sistem, bukan orang.

    Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang istilah ISO (International organization for standardization). ISO adalah salah satu standar Internasional dalam sebuah sistem manajemen. ISO memegang penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang akan bersaing secara menyeluruh atau global dan juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen perusahaan.

    Setiap perusahaan berlomba untuk mengembangkan produk dan melakukan studi kelayakan yang dimana dalam studi tersebut mempelajari lebih dalam mengenai bisnis agar dapat  memenangkan persaingan.

    Melakukan persaingan tidak hanya dilakukan dengan sesama pebisnis lokal saja, tetapi juga pelaku usaha lintas negara. Itulah kenapa standar ISO dibutuhkan.

    Namun melakukan pengembangan produk saja tidak cukup untuk memenangkan hati konsumen. Ada hal yang perlu dilakukan, yaitu berbagai strategi dan taktik lain yang harus diterapkan.

    Adapun strategi untuk menguatkan dan meningkatkan kinerja internal perusahaan Anda, yaitu menerapkan the international Standard of organization (ISO) dan telah lama dikenal di dunia bisnis internasional.

    Sebuah perusahaan yang sudah mempunyai sertifikasi ini akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal ini disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen.

    “Kenapa harus mengacu pada sistem?”

    Karena orang pada saatnya akan berganti, bisa disebabkan karena Pensiun atau pindah ke perusahaan lain. Jika seandainya perusahaan tidak mempunyai pedoman operasional yang umum, maka cara kerja akan berubah-ubah tergantung orang tersebut. Saat mendapat orang yang lebih baik dari sebelumnya, maka hasilnya akan baik. Namun jika mendapat orang yang tidak baik, maka hasilnya juga menjadi tidak baik.


    Manfaat bagi perusahaan dari penerapan ISO adalah :

    • Perusahaan yang terdaftar pada Lembaga sertifikasi dan diaudit secara berskala.
    • Pelanggan akan mudah mencari pemasok yang bersertifikat ISO, yang berarti terbuka kesempatan pasar baru.
    • Terjadi perubahan positif dalam hal budaya mutu bagi dan organisasi perusahaan, karena terdorong untuk mempertahankan sertifikat ISO.
    • Sebagai acuan kerja, sehingga pegawai bisa bekerja tanpa kesalahan atau dengan kesalahan yang minimal.
    • Sebagai bukti pelaksanaan sistem dan diperlukan untuk telusur ketika terjadi masalah.
    • Untuk menghindari perbedaan persepsi dan untuk mendapatkan hasil yang seragam walaupun pekerjaannya berbeda.

    Sebagai catatan untuk generasi yang akan datang.

    Jangan fokus mempelajari interpretasi dari pasal, tetapi pelajari alasan yang melatar belakangi adanya persyaratan tersebut, sehingga kita bisa mengetahui kegunaannya. Dengan memahami kegunaannya, perusahaan menjadi sadar, bahwa hal tersebut memang perlu dan bagus untuk perusahaan.


    BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.