• Apakah Wajib Bagi Perusahaan Menerapkan ISO 14001?

     



    Training ISO Jakarta - Apakah semua perusahaan wajib menerapkan ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan? Sertifikasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan ialah manajemen mutu yang dimiliki perusahaan untuk membuktikan tanggung jawabnya terhadap lingkungan. Manajemen mutu ini mengacu pada standar internasional yang ditetapkan oleh The International Organization for Standardization (ISO), yaitu badan nonpemerintah yang terdiri dari 160 negara.

    The International Organization for Standardization (ISO) bertanggung jawab mengembangkan standar bagi industri yang mengarah kepada kualitas, keamanan, dan efisien. Standar ini kemudian digunakan oleh seluruh industri yang ada di dunia. ISO 14001 memungkinkan organisasi dari semua jenis atau ukuran untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang berkomitmen untuk bertanggung jawab pada lingkungan; seperti keberlanjutan sumber daya, pencegahan polusi, mitigasi perubahan iklim dan minimalisasi dampak lingkungan.Siapa yang harus menggunakan ISO 14001?

    ISO 14001: 2015 harus digunakan oleh setiap organisasi yang ingin mendirikan, memperbaiki, atau mempertahankan sistem manajemen lingkungan agar sesuai dengan kebijakan lingkungan yang telah ditetapkan dan persyaratan. Persyaratan standar yang dapat dimasukkan ke dalam sistem manajemen lingkungan, sejauh mana ditentukan oleh beberapa faktor termasuk industri organisasi, kebijakan lingkungan, produk dan penawaran layanan, dan lokasi.

    ISO 14001: 2015 adalah relevan untuk semua organisasi, terlepas dari ukuran, lokasi, sektor, atau industriApakah semua industri atau perusahaan harus menerapkan ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan?


    Kriteria Perusahaan yang Perlu Menerapkan ISO 14001

    Standar internasional ISO tak harus diterapkan semua perusahaan. Begitu pula  dengan kriteria perusahaan yang perlu menerapkan sertifikasi ini.

    ISO dapat diterapkan oleh semua perusahaan yang berdampak dengan lingkungan, tanpa perlu adanya kriteria khusus. Namun, penerapan standar ini juga tetap perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

    Selain itu, Sertifikasi ISO 14001 ialah standar proses bisnis yang memadukan kepentingan perusahaan dengan lingkungan hidup. Karenanya setiap perusahaan yang ingin menerapkan ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan perlu memperhatikan sumber daya manusia, teknis, maupun finansial perusahaan.

    Meski tidak ada kriteria khusus dan paksaan untuk memiliki sertifikasi ISO 14001, tidak ada salahnya jika Anda tetap memilikinya. Karena beberapa perusahaan perlu menunjukkan sertifikasi ini kepada pihak lain, seperti: mitra usaha, konsumen, masyarakat, investor, dan lain sebagainya.

    Tujuan sebenarnya, agar pihak tertentu juga mengetahui bahwa kegiatan pengelolaan lingkungan perusahaan yang bersangkutan telah mengikuti standar yang diakui secara internasional melalui ISO 14001.


    Kenapa Perusahaan Harus Menerapkan ISO 14001?

    Alasan perusahaan harus menerapkan ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, antara lain:

    Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

    Kredibilitas perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu akan terlihat di mata konsumen atau pelanggan. Perusahaan yang menerapkan standar mutu akan lebih cepat tanggap dan bertindak ketika terjadi sesuatu yang tidak beres.

    Perusahaan Memiliki Jaminan Kualitas Berstandar Internasional

    Perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO tentu saja memiliki jaminan kualitas berstandar Internasional karena menerapkan siklus PDCA, yaitu identifikasi, analisis, dan eksekusi dalam semua industri. Siklus PDCA sendiri ialah standarisasi ISO.

    Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

    Dengan adanya sistem yang mengukur kinerja perusahaan secara menyeluruh, segala bentuk kegagalan perusahaan dapat segera diatasi sehingga perusahaan dapat menghemat biaya pengeluaran.

    Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

    Standar mutu tidak hanya berlaku untuk proses bisnis, tetapi juga pada karyawan. Jadi, karyawan dapat menjaga produktivitas dan tetap bekerja sesuai standar ISO.

    Meningkatkan Popularitas Perusahaan

    Perusahaan dengan standar proses bisnis atau produksi yang terorganisir akan diingat dan mendapatkan penilaian baik. Penilaian tersebut yang kemudian menjadikan popularitas perusahaan meningkat secara bertahap.

    BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.


    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button