• Konsultan ISO 9001 Sebagai Sistem Manajemen Mutu untuk Perusahaan

    Konsultan ISO 9001


    Konsultan ISO 9001 –  International Organization For Standardization (IOS) adalah badan standarisasi internasional yang menangani masalah standarisasi untuk barang, jasa dan sistem (termasuk Sistem Manajemen Mutu). Merupakan federasi badan-badan standarisasi nasional dari seluruh dunia(150 Negara).


    Pada Tahun 1947 organisasi ini terbuat dan terletak pada provinsi Geneva, Swiss, bertujuan untuk mempromosikan pengembangan standarisasi dan kegiatan-kegiatan yang terkait serta meningkatkan kerjasama untuk bidang intelektual, IPTEK dan Kegiatan Ekonomi. 


    ISO berasal dari kata Yunani ISOS yang artinya sama atau setara.


    Bagaimana Konsultan ISO 9001 dapat membantu Anda?

    Bagaimana Konsultan ISO 9001 dapat membantu Anda?


    Ketika organisasi memutuskan untuk menggunakan Konsultan ISO, terkadang pihak top-management / pimpinan tidak mengetahui dengan pasti apa yang kalian butuhkan dari Konsultan ISO. 


    Lalu, untuk beberapa kasus , permintaan sistem manajemen dapat mengeneralisasi namun setelah kajian lebih mendalam secara gap analisis atau wawancara. 


    Barulah bahwa hanya memerlukan sebuah standar prosedur kerja, atau permasalahan tentang alur proses bisnis yang perlu penyeimbangan.


    Solusi yang paling ideal ialah, silahkan mengundang Konsultan ISO untuk berkomunikasi secara intensif tentang gejala-gejala yang terjadi pada organisasi. Mengapa begitu? 


    Karena Konsultan ISO tidak akan mengetahui permasalahan secara pasti tanpa terlibat langsung tentang apa yang terjadi pada organisasi.


    Pengembangan Sistem Manajemen Mutu

    Pengembangan Sistem Manajemen Mutu


    a. Sistem Manajemen Mutu ini telah melalui konsesus dari komite dan subkomite yang telah melalui peresmian oleh ISO.


    b. ISO Technical Comitee 176 berttanggung jawab dalam membuat, mengembangkan dan merubah standar untuk Manjemen Mutu dan Jaminan Mutu. 


    c. Standar ISO 9001:2015 sudah melalui penyesuaian agar cocok dalam penerapannya dengan standar Sistem Manajemen lainnya. ( Manajemen Lingkungan ISO 14001 & Keselamatan dan Kesehatan Kerja ISO 45001:2018) dll.


    Mengapa memilih Sistem Manajemen Mutu Konsultan ISO 9001:2015


    a. Standar yang bersifat umum dan melalui penerapan berbagai jenis industri dan organisasi


    b. Lalu, sudah mempengaruhi lebih dari 130 negara & Sertifikasi SMM ISO 9001:2015 untuk mengadopsinya telah ada untuk 150 negara termasuk untuk negara Indonesia


    Apa Pentingnya Penerapan Sistem Manajemen Mutu ?

    Apa Pentingnya Penerapan Sistem Manajemen Mutu ?


    Standar ini bertujuan untuk :


    a. Menyatakan kesesuaian Sistem Manajemen Organisasi terhadap standar Sistem Manajemen yang relevan (ISO 9001:2015) & ruang lingkup penerapannya.


    b. Merupakan sarana konfirmasi yang tepat bahwa sistem telah melaksanakan secara efektif dan telah melalui pemeliharaan secara baik.


    c. Juga, untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa produk/jasa yang telah kami berikan berdasarkan persyaratan yang telah terkendali.


    d. Menghemat biaya Audit Suplier (pihak pelanggan tidak perlu memeriksa sendiri manajemen mutu pemasoknya).


    Adapun langkah – langkah penerapan konsultasi ISO 9001:2015 tersebut adalah sebagai berikut:


    Tahapan Kegiatan Jasa Konsultasi

    Tahapan Kegiatan Jasa Konsultasi


    a. Criterion Inspection & Gap Analysis: Pelaksanaan mapping process, risk identification / business impact analysis & organizational context mencakup permasalahan internal & external.


    b. Klarifikasi Hasil Gap Analysis (Hasil criterion inspection ) dan Pembentukan Tim Internal Sistem Development untuk Perusahaan.


    c. Awareness Training ISO 9001:2015, Training & Workshop Risk Based Thinking ISO 9001:2015 (refer to ISO 31000 Risk Management Guidelines)


    d. Pelatihan dan Penyusunan Registrasi Risk Based Thinking.


    e. Pengembangan Sistem & Penyusunan Documented Information (SOP)  (refer to ISO 9001:2015).


    f. Klarifikasi Penerapan SOP / Revisi & Penyempurnaan (Management System Implementation).


    g. Coaching and Mentoring Management System Implementation.


    h. Training Internal Audit ISO 9001:2015 For Quality Management System based on ISO 19011 Auditing Management System Guideline.


    i. Pendampingan Audit Internal dan Arahan untuk pelaksanaan Management Review.


    j. Pendampingan Proses Sertifikasi/ Assessment oleh Badan Sertifikasi.


    k. Perbaikan Hasil Audit Sertifikasi


    Hasil Pencapaian Program Konsultasi

    Hasil Pencapaian Program Konsultasi


    a. Yang pertama Program Konsultasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 akan melalui proses pengembangan berdasarkan pembentukan mindset & behavior. Ini berbasis pengelolaan risiko atau Risk Based Thinking untuk seluruh lini organisasi sehingga tercipta suatu habit preventive action for improvement. 


    b. Kedua Kegiatan Implementasi yang berdasar pada  “participative approach”, yaitu pelaksana sistem akanmelibatkan secara aktif, dalam perencanaan dan pengembangan sistem kerjanya dengan bantuan konsultan. Peran Konsultan adalah memfasilitasi kegiatan-kegiatan implementasi, untuk memastikan efektifitas dan efisiensinya. Teknik- teknik “Ice Breaking” akan menjadi formulasi tersendiri dalam menembus kebekuan atau “resistance” yang ada pada masalah internal perusahaan. 


    c. Ketiga Konsultan berpesan sebagai “Change agent” sesuai arahan atau kebijakan-kebijakan khusus dari Manajemen Puncak.


    d. Dan yang terakhir Implementasi Sistem Manajemen Mutu memerlukan komitmen Manajemen Puncak. Karena itu dukungan dan keterlibatan aktif Manajemen Puncak terhadap program ini sangat memperlancar dan mempercepat proses perubahan yang sudah memiliki ketetapan.


    Benefit Mengikuti Program Konsultasi

    Benefit Mengikuti Program Konsultasi


    a. Yang pertama , yaitu konsultan terjun langsung setiap hari kerja dan terjun langsung ke dalam aktivitas perusahaan. Oleh Karena itu, bisa memahami seluruh proses & aktivitas sehingga mampu menentukan prioritas perbaikan yang perusahaan butuhkan.


    b. Kedua keikutsertaan mendampingi penerapan manajemen sistem dan memberikan arahan jika terdapat penyimpangan atau kekeliruan.


    c. Yang ketiga konsultan melakukan pengukuran efektivitas penerapan dan melatih personil perusahaan agar mampu mengevaluasi sistem management yang telah berjalan.


    d. Yang terakhir adalah konsultan membantu tindakan perbaikan yang memenuhi syarat kebutuhan dari hasil pengukuran dan evaluasi sehingga terbentuk road map improvement yang berkelanjutan.


    BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. 


    Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.






    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button