• Konsultan ISO 14001 untuk Mendapatkan Sertifikat Peduli Lingkungan


    Konsultan ISO 14001 mengutamakan isu lingkungan pada era digital ini menjadi topik utama dalam kalangan internasional. Dalam dunia bisnis isu ini menjadi topik utama juga agar perusahaan dapat menciptakan kondisi lingkungan yang baik dan terkondisi.

    Perusahaan harus untuk menerapkan sistem manajemen untuk mengelola permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan (polusi/pencemaran, penggunaan sumber daya/energy, melestarikan lingkungan, dll). Dan juga dalam membantu dalam upaya pelestarian lingkungan, perusahaan harus memberikan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan bukan hanya semata-mata berkonsentrasi terhadap mutu produk/jasa. Dari segi produk/jasa pun harus menciptakan produksi yang aman bagi lingkungan. Oleh karena itu, dalam organisasi yang bergerak pada bidang perdagangan internasional, topik ini menjadi suatu standar internasional mengenai lingkungan.


    Manfaat ISO 14001 untuk perusahaan :


    1. Memajukan citra organisasi.

    2. Meningkatkan kinerja lingkungan organisasi.

    3. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang undangan pengelolaan lingkungan.

    4. Mengurangi resiko usaha.

    5. Memajukan efisiensi kegiatan.

    6. Meningkatkan daya saing.

    7. Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak kepentingan.

    8. Dan yang terakhir adalah untuk memperbaiki manajemen organisasi dengan menerpakan perencanaan, pelaksanaan, penguuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, art).




    Untuk dapat mengimplementasikan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 membutuhkan upaya dan waktu. PT Bintang Solusi Utama dapat sangat membantu perusahan atau organisasi anda sebagai konsultan ISO untuk meraih Sertifikasi ISO 14001. Kegiatan konsultasi serta sertifikasi  ISO 14001 membagi kedalam beberapa langkah. Berikut adalah proses tahapan untuk mengimplementasikan dan sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 : 


    1.    Menyiapkan Organisasi

    Pada tahap awal, konsultan akan menyelenggarakan kick-off meeting dengan tim ISO organisasi/perusahaan terkait. Konsultan akan memberikan gambaran tentang ISO 14001 dan juga tahap-tahap yang akan sampai dengan proses sertifikasi. 


    2.    Melakukan Analisa kesenjangan/Gap Analysis 

    Pengecekan akan oleh konsultan mengenai kondisi perusahaan/organiasi yang akan melalui pembandingan dengan persayaratan SIstem Manajemen Lingkungan ISO 14001. Yang akan ada pada tahap ini adalah :

    a.    Mematuhi standar dan didokumentasikan.

    b.    Mematuhi standar dan harus didokumentasikan.

    c.    Proses yang tidak mematuhi standar dan harus diperbaiki.

    d.    Dan yang terakhir adalah proses yang dipersyaratkan oleh standar yang saat ini belum ada.


    3.    Melaksanakan Pelatihan Awareness/Introduction ISO 14001

    Training ISO 14001 akan memberi pembekalan pada SDM organisasi/perusahaan mengenai ISO 14001. Peserta akan belajar tentang manajemen lingkungan, definisi dan manfaat ISO 14001 serta persyaratannya. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan akan memiliki pengetahuan dan juga kesediaan untuk mengimplementasikan Standard Manajemen Lingkungan ISO 14001.


    4.    Menyiapkan Dokumen ISO 14001

    Lalu dokumen apa saja yang diperlukan? Untuk ISO 14001:2015 terdapat beberapa dokumen wajib yang dibutuhkan yaitu:


    a)    Lingkup Sistem Manajemen Lingkungan (4.3)

    b)    Kebijakan lingkungan (5.2)

    c)    Risiko dan peluang yang dihadapi dan proses yang diperlukan (6.1.1)

    d)    Kriteria evaluasi aspek lingkungan yang signifikan (6.1.2)

    e)    Aspek lingkungan dengan dampak lingkungan yang terkait (6.1.2)

    f)    Aspek lingkungan yang signifikan (6.1.2)

    g)    Tujuan dan rencana lingkungan  dan rencana untuk mencapainya (6.2)

    h)    Pengendalian operasional (8.1)

    i)    Dan yang terakhir adalah kesiapsiagaan dan respon darurat (8.2)


     Selain dokumen di atas terdapat juga informasi terdokumentasikan yang wajib dimiliki, yaitu:


    a)    Catatan kepatuhan terhadap peraturan (6.1.3)

    b)    Catatan pelatihan, keahlian, pengalaman dan kualifikasi (7,2)

    c)    Bukti komunikasi (7,4)

    d)    Hasil pemantauan dan pengukuran (9.1.1)

    e)    Program internal audit (9.2)

    f)    Hasil audit internal (9.2)

    g)    Hasil Tinjauan  Manajemen (9.3)

    h)    Dan yang terakhir adalah mengirimkan hasil tindakan korektif (10.1)



    5.    Implementasi Sistem ISO 14001

    Langkah selanjutnya dalam implementasi ISO 14001 ialah untuk menggunakan dan meningkatkan Sistem Manajemen Lingkungan perusahaan Anda. Setiap orang dalam organisasi Anda harus melakukan proses dan juga prosedur yang telah melalui proses pendokumentasikan dan instruksi kerja untuk mematuhi persyaratan SML. Kemungkinan akan banyak prosedur yang baru atau telah berubah secara signifikan selama proyek ISO 14001.


    6.    Melaksanakan Training Internal Audit ISO 14001

    Internal audit merupakan salah satu kewajiban dari SML ISO 14001. Latih SDM anda agar dapat melakukan internal Audit ISO 14001.


     7.    Melakukan Internal Audit ISO 14001

    Jadwalkan dan laksanakan internal audit. Nantinya temuan-temuan akan sangat berguna untuk proses pengembangan organisasi


     8.    Mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

    RTM atau juga dikenal sebagai Management Review Meeting akan dilakukan tinjauan informasi dari Audit Internal, tindakan korektif dan pencegahan dan hasil pengukuran dan pemantauan perusahaan. Dan akhirnya memulai tindakan korektif dan tindakan pencegahan untuk memperbaiki masalah dan membuat perbaikan ke SMM.


    9.    Audit Badan Sertifikasi

    Setelah audit internal dan RTM selesai , maka organisasi dapat mengundang badan sertifikasi untuk melakukan audit. Sama dengan audit internal, proses audit dari badan sertifikasi juga akan menghasilkan temuan yang harus mendtindaklanjuti oleh perusahaan atau organisasi terkait.


    10.    Membuat Tindakan Perbaikan

    Untuk mendapatkan sertifikat ISO 14001, maka temuan dari audit harus terlebih dahulu untuk mentindaklanjuti dengan membuat tindakan perbaikan.


    11.    Mendapatkan Sertifikat ISO 14001

    Dan yang terakhir anda akan mendapatkan sertifikat ISO 14001. Juga, saatnya menjaga dan memperbaiki sistem yang ada dengan siklus yang sudah bersyaratkan ISO 14001. Akan ada internal audit dan juga audit tahunan dari badan sertifikasi yang bermanfaat untuk memacu proses continues improvement.


    PT Bintang Solusi Utama merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.






    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button