• Contoh Bisnis Tanpa Legalitas & Ruginya Bisnis tanpa legalitas, Kenali lalu Hindari

     


    Contoh Bisnis Tanpa Legalitas


    Konsultan ISO JakartaLegalitas adalah dalam sebuah perusahaan adalah hal yang sangat krusial dalam mendirikan dan menjalankan sebauah aktifitas perusahaan. Hal ini dikarenakan legalitas elemen yang sangat penting dalam dunia bisnis. Dengan legalitas akan mendukung pengembangan bisnis dimasa akan datang seperti akan melakukan ekspansi. Tidak banyak pengusaha yang tidak memperdiulikan legalitas usahanya. Hal ini dikarenakan pengurusan legalitas yang sulit dan tidak ingin berurusan dengan hukum.

     

    Bisnis yang berjalan tanpa legalitas tentunya tidak akan berjalan mulus seprti yang diharapkan. Bisnis tanpa legalitas akan sering mengalami kekisruhan yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal dari perusahaaan tersebut. Oleh karena itu legalitas adalah faktor kunci pertumbuhan bisnis.

     

    Legalitas


    Legalitas


     

    Legalitas adalah  kunci sebuah perusahaan dalam menjalankan suatu bisnis. Legalitas dapat diartikan disahkannya suatu jenis usaha yang berbentuk badan usaha, sehingga mendapatkan pengakuan dari masyarakat dan negara.

     

    Legalitas perusahaan ialah: "Setiap bentuk usaha yang memenuhi persyaratan undang-undang dinyatakan sebagai bentuk usaha yang sah.

     

    Selain itu, Legalitas perusahaan juga merupakan dimana perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun dinyatakan sah menurut hukum.

     

    Jadi, yang dimaksud dengan Legalitas perusahaan adalah, menentukan posisi hukum perusahaan di mata hukum. Perusahaan yang berdiri telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai syarat operasional perusahaan

     

    Penyebab Pengusaha Enggan Membuat Legalitas Bisnis.


    Penyebab Pengusaha Enggan Membuat Legalitas Bisnis.


     

    Ketika mendengar kata legalitas, mungkin terbayang oleh kita  birokrasi yang rumit dan dengan berbagai proses hukum yang memusingkan.Tentunya, membuat legalitas usaha menjadi hal yang menakutkan atau bahkan kurang penting bagi sebagian pengusaha.

     

    Sebenarnya hal tersebut lumrah terjadi sedemikian rupa. Kalau  saja seorang pengusaha memahami keuntungan yang lebih besar dari pada kesusahannya, seorang pengusaha pasti akan melegalitaskan bisnisnya. Ada permasalahan pokok yang membuat pengusaha pemula biasanya tidak  membuat legalitas bisnis:

     

    1. Belum Memiliki Visi Dan Misi Bisnis.

    Pengusaha yang bertipikal mencari untung semata atau berorientas kepada profit semata dan tidak memikirkan visi dan misi perusahaan, bisnisnya tidak akan berkembang.  Pengusaha seperti iini biasnya berorientasi pada penjualan dan mempertahankan konsumen yang sudah ada. Jika seorang pengusaha berikir akan mengembangkan ekspansi tentu akan berpikir lain. Seorang pengusaha akan memikirkan legalitas perusahaannya.

     

    BACA JUGAFungsi dan Tujuan Manajemen Produksi

     

    2. Tarif Pajak

    Siapa yang gak pusing kalau berhadapan dengan pengenaan tarip pajak. Banyak Pengusaha pemula  enggan membayar pajak, hal ini dikarena belum memahami betapa pentingnya membayar pajak bagi pengusaha. Pelaporan pajak yang sesuai  dan akuntabel , tentunya  akan meningkatkan  integritas, kredibilitas dan profesionalitas bisnis  di mata konsumen dan pemerintah

     

    3. Biaya yang Besar

    Faktor yang ketiga adalah biaya pengurusan legalitas yang cukup mahal, kadang membuat para pengusaha pemula  enggan membuat legalitas usaha/bisnisnya Sebenarnya, masalah ini dapat mudah diatasi ketika seorang pengusaaha  berpikir besar tentang bisnis yang dijalankannya. Legalitas yang sudah sah dimata hukum dan masyarakat, didukung produk dan pelayanan yang memuaskan, otomatis akan mengangkat angka penjualan bisnis.

     

    4. Kepengurusan yang menyita waktu

    Waktu adalah uang, bagi seorang pengusaha. Waktu adalah bagian terpenting bagi setiap pengusaha. Mengurus legalitas membutuhkan waktu yang tidak sedikit, mempersiapkan dokumen-dokumen, sampai terpaksa bolak-balik ke kantor notaris untuk membuat legaltias..

     

    Kerugian Ketika Bisnis Berjalan Tanpa Legalitas


    Kerugian Ketika Bisnis Berjalan Tanpa Legalitas


     

    Legalitas sebuah usaha sangat dibutuhkan bagi seorang pengusaha. Kerugian akibat tidak adanya legalitas akan berdampak pada :

     

    1. Kurangnya Rasa Profesionalisme.

    Profesionalitas seorang pebisnis adalah legalitas jenis uaha dan produk yang dihasilkan. Sebuah bisnis akan diakui oleh mitra bisnis jika sudah disahkan dan mempunyai aturan tersendiri. Sebuah usaha akan mengalami kesulitan jika jenis usahanya tidak mendapatkan legalitas dari pemerintah ataupun masyarakat.

     

    2. Sulit Memperluas Jaringan Bisnis.

    Tingkat popularitas merk bisnis tentunya dampak  legalitas. Karena legalitas perusahaan atau merk produk yang dihasilkan berpengaruh besar terhadap bisnis yang dijalankan. Pengusaha  sebagai pemilik pun tidak dapat bergerak bebas dalam melakukan promosi bisnisnya jika legalitasnya diragukan dimata mitra bisnis maupun investor yang akan berinvestasi.

     

    3. Merek Usaha dipakai Pihak Lain..

    Sebuah bisnis  atau usaha yang tidak mempunyai legalitas akan sering mengalami kendala misalnya merek dagang  atau produk yang dihasilkn harus disahkan oleh instansi terkait.misalnya logo perusahaan. Bisa juga merek dagangyang menarik perhatian pihak lain. Bisa aja pihak yang tidak bertanggungjawab mempergunakan merk dagang yang sudah dirancang sedemikian rupa. Jika sebuah perusahan sudah mempatenkan jenis usaha, logo perusahaan dan merk dagang, tentunya tidak sembarang orang memakainya. Oleh karena itu pentingnya legalitas bisnis.


    BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll.


    Baca Juga

    Related Posts

  • Whatsapp-Button