• Pentingnya Logo Halal MUI sebagai Jaminan Kualitas Produk Halal

     

    Training ISO Jakarta - Akhir-akhir ini banyak dibicarakan terkait dengan pentingnya kejelasan kehalalan suatu produk. Hal tersebut tentu mendorong para pelaku usaha untuk memperoleh sertifikasi atau memperoleh logo halal untuk produknya. Logo Halal MUI merupakan satu-satunya logo halal yang diakui di Indonesia. Logo ini sudah diakui oleh berbagai badan setifikasi halal dan dikenal di seluruh dunia. Umat muslim secara nasional maupun glogal akan lebih nyaman menggunakan produk yang pada kemasannya terdapat label halal.


    Hingga hari ini, dari 26 negara di kancah global, terdapat sebanyak 45 lembaga sertifikasi halal yang diakui oleh LPPOM MUI. Hal tersebut memberikan insight bahwa kesuksesan industri global khususnya dunia halal, sertifikasi halal telah menjadi instrumen yang berpengaruh. Dengan memiliki sertifikat halal, suatu produk dapat mengoptimalkan keunggulan kompetitifnya.

     

    Lalu, Apa Itu Sertifikasi Halal MUI?


    Sertifikasi Halal merupakan sertifikat yang dapat menjamin bahwa suatu produk tertentu seperti kosmetik, minuman, makanan, dan lainnya, tidak dibuat atau berbahan dari unsur yang diharamkan syariat Islam. Tidak hanya itu, sertifikat halal juga menjamin suatu priduk mempunyai kandungan serta proses pengelolaan yang diterapkan menggunakan teknik produksi yang memenuhi ketentuan ajaran syarat islam.


    Pemberian sertifikat halal kepada sebuah produk telah diatur oleh badan majelis Islam yaitu MUI (Majelis Ulama Indonesia). Sesuai dengan Undang-Undang No.3 tahun 2014 tentang jaminan produk Halal, bahwa segala produk yang beredar dan diperjual-belikan di Indonesia wajib memiliki sertifikat halal, terkecuali produk non-halal atau haram.


    Produk-produk yang diwajibkan memiliki sertifikat halal, yaitu mencakup untuk kategori produk sebagai berikut: jasa atau barang yang berhubungan dengan minuman dan makanan, kosmetik, obat, produk kimiawi, produk hasil rekayasa genetika, produk biologi, serta produk gunaan yang digunakan, dipakai, ataupun dimanfaatkan oleh konsumen dari masyarakat luas.


    Baca Juga: Biro Jasa Pengurusan Seritifkat Halal MUI Jakarta


    Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki produk-produk diatas untuk dipasarkan ke masyarakat luas, penting juga bagi Anda untuk mempunyai sertifikat Halal MUI, disamping mempunyai sertifikat izin edar yang diberikan Dinas Kesehatan (SPP-IRT) atau lembaga BPOM RI. Sebagai seorang wiraswasta yang memiliki produk di atas, memiliki sertifikat Halal MUI sangat penting karena akan bermanfaat untuk menambah dan menguatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

     

    Manfaat Sertifikat Halal sebagai Jaminan Kualitas Produk yang Halal


    Sebagaimana yang sudah diterangkan sebelumnya, produk-produk usaha Anda yang mempunyai sertifikasi halal tentu akan mendapatkan banyak kelebihan tersendiri. Sebagai produsen, dengan melampirkan sertifikasi halal atas produk Anda, maka salah satu manfaat dan keuntungan yang utama yang akan kamu dapatkan yaitu Jaminan Kualitas.


    Untuk mendapatkan sertifikasi halal memang bukan suatu hal yang mudah. Banyak sekali terdapat berbagai persyaratan serta proses yang perlu dilewati oleh Anda sebagai produsen. Umumnya, auditor sendiri selalu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Sertifikasi halal dapat diberlakukan hanya untuk suatu produk yang memiliki izin BPOM dan izin P-IRT, dan ini tentu menjadi salah satu gambaran dari cukup rumitnya komponen sertifikasi halal bagi UMKM.


    Namun, di sisi lain, dengan banyaknya  komponen yang Anda jalankan tersebut, akan menjadi penguat bagi jaminan kualitas sertifikasi halal yang diperoleh. Sertifikasi halal hanya diberikan untuk produk yang benar-benar sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Oleh karena itu, apabila Anda seorang produsen dan kemudian Anda berhasil memperoleh sertifikasi halal untuk produk Anda, maka hal itu dapat dijadikan sebagai jaminan kualitas dari produk tersebut.


    BSU Konsultan merupakan perusahaan konsultan dan sertifikasi yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. BSU Konsultan juga menyediakan Jasa Pengurusan Sertifikat Halal MUI, yang dapat membantu Anda mengurus izin edar Halal MUI terpercaya dan juga partner bisnis anda dalam mengurus izin usaha, salah satunya adalah Jasa pengurusan Izin Halal MUI. Dengan menggunakan jasa BSU Konsultan, Anda tidak akan lagi direpotkan atau kebingungan dengan segala persyaratan pengurusan izin edar Halal MUI. Untuk kemudahan dan proses yang cepat dalam pengurusan izin Halal LPPOM MUI, Cukup menghubungi kami untuk berkonsultasi secara gratis: